PENGARUH MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI

Fadli Padila Putra, Khadijah Khadijah, Azhariah Fatia

Abstract


Motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam menghafal Al-Quran. Motivasi seseorang dalam menghafal Al-Quran berbeda-beda, terkhusus bagi santri Rumah Tahfizh Ahlul Quran, dimana antara santri PAUD-TK dengan santri SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Mahasiswa dan Umum memiliki motivasi yang beragam sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masing- masing. Dengan perbedaan motivasi ini akan berdampak juga pada kualitas hafalan Al-Quran santri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi menghafal Al-Qur'an santri Rumah Tahfizh Ahlul Qur'an Padang, (2) kualitas menghafal Al-Qur'an santri Rumah Tahfizh Ahlul Qur'an Kota Padang dan (3) pengaruh motivasi menghafal Al-Qur'an terhadap kualitas hafalan Al-Qur'an santri Rumah Tahfizh Ahlul Qur'an Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh antara motivasi menghafal Al-Quran terhadap kualitas hafalan dengan pengaruh sebesar 17%.


Keywords


Motivasi Menghafal Al-Qur’an; Kualitas Hafalan Al-Qur’an; Rumah Tahfizh Ahlul Qur’an

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i2.3515
Abstract views : 1146 times
PDF : 1705 times

References


Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-

Quran. Jakarta: Lentera Hati

Danarjati, Dwi Prasetia. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Khodijah, Nyanyu. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sapuri, Rafy. 2009. Psikologi Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta [6]Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1976. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ali, Atabik. TT. Kamus Kontemporer Arab Indonesia. Krapyak: Multi Karya Garfika

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Bustamam, Risman. 2018. Hakikat Al-Quran. Jakarta: Kencana

Saihu. 2020. Peran Hafalan Al-Quran: Juz Amma. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam. Vol. 19, No. 1

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Tingkat Nasional. 2010. Pedoman Musabaqah Al-Quran 2010. Jakarta: LPTQ

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.