PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 2 PESISIR SELATAN T.A 2020/2021

Ridha Shabrina, Rivdya Eliza, Christina Khaidir

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan. 2) mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen 79,94 sedangkan kelas kontrol adalah 69,97. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan   0, 05 pada
selang kepercayaan 95% diperoleh thitung (3,072) > ttabel (1,669) maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa. 2) Kemampuan penalaran matematis peserta didik diperoleh nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen adalah 79,55 sedangkan kelas kontrol adalah 70,13. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan   0, 05 pada selang
kepercayaan 95% diperoleh thitung (2,683) > ttabel (1,669) maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa.


Keywords


Pemahaman Konsep; Penalaran matematis; Auditory Intellectually Repetition

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i2.3521
Abstract views : 250 times
PDF : 195 times

References


Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 7786.

Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Tadris Matematika, 2(2).

Eliza, R., & Hayatullah, J. W. (2017). Penggunaan Metafora Disertai Aplikasi Prezi Desktop Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. 1(1), 5161.

Eliza, R., Setia, R., Putri, E.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Lottery Card ( Kartu Arisan ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman. 2(1), 4760.

Fajri, P. (2020). Pengaruh Model Modifikasi-Apos Terhadap Kemampuan Penalaran. 4(2), 192201.

Fauzan, A. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. 714.

Gustriyana, G., & Amelia, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Air (Auditory, Intelectually, And Repetition) Dan Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa Kelas Vii Mts Batamiyah. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 133142.

Khaidir, C. (2016). Penerapan Metode Penemuan terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Negeri 2 Padang. Tadib, 16(2), 103.

Nuryadi. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.Permendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Sereal Untuk, 51.

Putri, D. E., & Fauzan, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi. 8(3).

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar- Ruzz Media.

Solihah, A. (2020). Pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa dalam pembelajaran matriks. 5(1).

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito.

Sugriani, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR). Didactical Mathematics, 1(2), 2128.

Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Reciprocal Teaching dan Model Air Auditory Intellectually Repetition. Math Educa Journal, 3(2), 219230.

Susilawati, F. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar peserta didik dengan model pembelajaran inquiri 1. 3(2), 144155.

Wulandari, U. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Disertai Reward Pada Materi Fungsi. 2(2), 128142


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.