ENKULTURASI NILAI ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-IKHLAS SUMBAR

Nada Qumala Arnum, Rendy Nugraha Frasandy, Khamim Zarkasih Putro

Abstract


Nilai-nilai islam sangat penting diajarkan terutama dalam dunia pendidik, karena akan berdampak kepada peserta didik kedepannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Enkulturasi Nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Ikhlas Sumbar. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian adalah di sekolah dasar islam terpadu (SDIT) Al-ikhlas Sumbar, dengan subjek guru kelas I,II dan III. Teknik pengumpulan data ialah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian mengenai Enkulturasi Nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Ikhlas Sumbar ialah Enkulturasi Nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Al-Ikhlas Sumbar sudah ada, namun belum terlaksanakan dengan baik secara keseluruhan seperti dalam aspek akidah seperti menyampaikan kisah-kisah nabi. Dalam aspek ibadah terutama sholat serta aspek akhlak yang dilakukan dengan menyampaikan, membimbing dan mencontohkan bagaimana bertingkah laku yang boleh dan tidak dilakukan sesuai dengan apa yang diperintahkan allah. Strategi penanaman enkulturasi (pembudayaan) nilai-nilai Islam yang pendidik dilakukan di SDIT Al-Ikhlas Sumbar ialah menunjukan prilaku yang baik, membiasakan hal-hal yang kecil kepada peserta didik,  ibrah (mengambil pelajaran) dan amtsal (perumpaman), menasehatinya, memberikan janji dan ancaman kepada peserta didik, mendisiplinkan peserta didik Ketujuh dengan kekuasaan, karena  bisa mengubah prilaku peserta didik sepenuhnya serta persuasi, yaitu dengan mengajak dan mengikut sertakan peserta didik dalam melakukan sesuatu

Keywords


Enkulturasi; nilai islam; sekolah dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v4i2.4779
Abstract views : 166 times
PDF : 158 times

References


Ansori, Raden Ahmad Muhajir. 2017. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik.” Jurnal Pusaka 4 (2): 14–32.

Anwar, Chairul. 2017. “Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer.” Yogyakarta: IRCiSoD.

Djamar dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rienek. Jakarta.

Fadlillah, Muhammad, and Lilif Mualifatu Khorida. 2013. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media 25.

Ispurwanti, Dewi ed. 2003. Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksar. Jakarta.

Julia, J, Herman Subarjah, M Maulana, Atep Sujana, I Isrokatun, Dadan Nugraha, and Dewi Rachmatin. 2020. “Readiness and Competence of New Teachers for Career as Professional Teachers in Primary Schools.” European Journal of Educational Research 9 (2): 655–73.

Mala, Abdurrahman R. 2015. “Membangun Budaya Islami Di Sekolah.” Irfani 11 (1): 29311.

Mardia, Mardia. 2012. “Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Umum Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Masrifatin, Yuni. 2019. “Strategi Pembudayaan Karakter Pada Pendidikan Dasar Islam.” JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 18 (1): 23–39.

Muchsin, Bashori, Moh Sulthon, and Abdul Wahid. 2010. Pendidikan Islam Humanistik: Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak. Refika Aditama.

Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam. PT. Raja G. Jakarta.

Muhsinin, Muhsinin. 2013. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8 (2).

Mulyadi, Edi. 2018. “Strategi Pengembangan Budaya Religius Di Madrasah.” Jurnal Kependidikan 6 (1): 1–14.

Munif, Muhammad. 2017. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (1): 1–12.

Nata, Abuddin. 2011. “Akhlak Tasawuf. Cet. 10.” Jakarta: Rajawali Pers.

Prasetyo, Donny. 2020. “MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1 (1): 163–75.

Rahmat Mulyana. 2004. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Alfabeta. Bandung.

Rizal, Syaiful, and Abdul Munip. 2017. “Strategi Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD/MI.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4 (1): 45.

Rosidah, Siti. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Sekolah Di SDI Salafiyah Khairuddin Gondanglegi.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sada, Heru Juabdin. 2015. “Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6 (1): 93–105.

Siswanto, Heru. 2019. “Pentingnya Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah.” Madinah, Jurnal Studi Islam 6.

Sugiyono, Dr. 2017. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.”

Zaen, Zaenudin. 2019. “Menciptakan Budaya Religius Pada Madrasah.” El_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB 10 (2): 17–29.

Zainal Arifin, M S I. n.d. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. Almuqsith Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.