PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SCREENCAST O’ MATIC PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTsN 4 KOTA PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih tahun ajaran 2021/2022 kelas VII MTsN 4 Kota Padang. Disebabkan kurang bersemangatnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran karena pembelajaran fikih yang memuat tentang hukum-hukum Islam yang dikaji secara mendalam. Hal demikian yang membuat peserta didik bosan dalam mengikuti pembelajaran fikih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan validitas, praktikalitas dari media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau (research and development) dengan model pengembangan ADDIE Instrumen yang digunakan adalah lembaran penilaian oleh validator/ para ahli. Lembaran penilaian diberikan kepada 3 orang validator/ para ahli yaitu ahli materi, media dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video menggunakan Screencast O’Matic pada materi tayamum kelas VII di MTsN 4 Kota Padang. Setelah diuji kevalidan dari materi, media dan bahasa maka memperoleh hasil dari segi materi sangat valid (90,90), dari segi media memperoleh hasil sangat valid (92,30), dan dari segi bahasa juga memperoleh hasil sangat valid (90,26). Kepraktisan produk oleh pendidik sangat valid (89,5) dan oleh peserta didik skala kecil sangat praktis (85,4) dan dalam skala besar sangat praktis (83,5). Berdasarkan hasil analisis data media pembelajaran menggunakan Screencast O’Matic yang valid, dan praktis, maka penelitian ini dapat digunakan untuk pembelajaran fikih.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v4i2.4780
Abstract views : 105 times
PDF : 136 times
References
Akbar, (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part Of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA Di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. UNS : Jurnal Inkuiri.
Made, Tageh 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Rismawati. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Karakter Mata Pelajaran Agama Islam (PAI).
Sukmadinata, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal Cerdas Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.