IMPLEMENTASI MODEL MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 27 SAGO

Abdul Malik, Zulfahmi Zulfahmi, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakngi oleh peserta didik belum berperan aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya minat peserta didik menjawab pertanyaan dari guru dan disaat menjawab pertanyaan berdasarkan buku teks bacaan peserta didik masih melihat buku teks bacaan tanpa memahami teks bacaan tersebut sehingga berdampak terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V di SDN 27 Sago. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model Multiliterasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman menggunakan model Multiliterasi dan tanpa menggunakan model Multiliterasi kelas V SDN 27 Sago. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas V A dan V B. Pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu (Porposive Sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V B dan kelas kontrol V A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 28. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir (post test) kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen 83,57 dan rata-rata nilai Tes Akhir kelas kontrol 80,71. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen 78,5% sedangkan pada kelas kontrol 71,4%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 28 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,011 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,011 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman ketika penggunaan model Multiliterasi dibandingkan dengan model konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN 27 Sago.


Keywords


Implementasi; Model Multiliterasi; Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v4i2.4781
Abstract views : 514 times
PDF : 301 times

References


Abidin, Y, dkk. (2015). Pembelajaran Multiliterasi sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks Keindonesian. Bandung: Refika Aditama.

Dafit, F. (2017). Implementasi Model Multiliterasi pada proses Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Sekolah. 1(2).

Jaenudin, dkk. (2019). Penerapan Model Multiliterasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. (In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.Vol. 1.

I Putu Ade Andre Payadnya. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS.Yogyakarta: Budi Utama.

Nudiati. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21. Indonesia Journal Of Learning Education and Counseling.

Novidiantoko. (2019) Metode Penelitian sistem 3X Baca.Yogyakarta: Deepublish.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Rnd.Bandung: Alfabeta.

Sunarno. (2019). Paragraf Deduksi dan Induksi. Diakses 24 Agustus 2021 dari http:/sunarno5.worspress.com,

Shilphy A, Oktavia. (2020). Model-Model Pembelajaran.Yogyakarta: Depublish.

Vigih Hery Kristanto. (2018). Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.