MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR

Astrit Indriawati

Abstract


Pendidikan Kewarganegaraan adalah salah satu mata pelajaran yang terdapat di sekolah-sekolah Indonesia. Menumbuhkan rasa cinta tanah air dapat dilakukan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Rasa cinta tanah air adalah rasa yang ada pada warga negara untuk menghargai, menjaga serta menghormati dari bangsa itu sendiri. Sejalan dengan itu penulis membuat penelitian ini dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di sekolah dasar. Metode yang digunakan dari penelitian ini yakni menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif atau disebut literatur review. Literatur review ini dilkakukan melalui penelaahan dan penafsiran jurnal. Hasil dari penelitian ini adalah siswa di sekolah dasar memiliki rasa cinta tanah air yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dibantu oleh tenaga pendidik di sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kewarganegaraan memiliki peran penting dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air pada siswa di sekolah.

Keywords


Pendidikan Kewarganegaraan; Rasa cinta tanah air; Menumbuhkan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.5163
Abstract views : 1107 times
PDF : 1201 times

References


Abdatisyah, K., Naqiyyah, R., Dewi, D. A., & Furnamaisa, Y. F. (2021). Aulad : Journal on Early Childhood Pengembangan Sikap Cinta Tanah Air untuk Anak Sekolah Dasar dalam Memajukan Kualitas Bangsa. 4(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.198

Cinta, Y., Air, T., Dan, H., & Septiningsih, L. (2008). Pengajaran sastra sebagai upaya membentuk manusia yang cinta tanah air: harapan dan kenyataan. 20(1), 48–55.

Di, K., & Relovulsi, E. (2021). Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air melalui Pendidikan. 5, 969–975.

Fatria, F., Muslim, U., Medan, N. A., & Nusantara, L. (2018). SOSIALISASI LAGU NUSANTARA SEBAGAI UPAYA.

Hanipasa, R. A., Widodo, R., & Zuriah, N. (2017). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan dan Rasa Cinta Tanah Air. 2.

Izza, S., Nurizqi, T. L., & Ayuningrum, R. D. (n.d.). MEMBANGUN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK. 0291.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (n.d.). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. 2, 97–104.

Muchlis, M., & Natsir, R. A. (2020). Jurnal JUPEKN.

Sd, D. I., & Fodo, N. (2022). Abstrak Rasa cinta tanah air adalah salah satu bukti bahwa kita merupakan bagian dari suatu bangsa yang disebut dengan rasa Nasionalisme . Rasa Nasionalisme dapat ditumbuhkan lewat berbagai cara , salah satunya lewat kebiasaan positif di sekolah . Tujuan .

Yani, I., Masyarakat, P., & Utara, S. (2015). STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK STIMULATION OF CHILDREN DEVELOPMENT THROUGH. 12(2), 89–98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.