PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PERSPEKTIF HADIS

Abdul Basit, Edi Safri, Rehani Rehani

Abstract


Pendidikan karakter merupakan ikhtiar yang disusun secara sistematis dan dilaksanakan untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia berkaitan dengan Penciptanya yaitu Allah, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang termanifestasi dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Tulisan ini bertujuan untuk memahami formulasi konsep pendidikan karakter perspektif Hadits. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkan dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan Hadis-hadis yang diangkat dalam penelitian ini mengandung karakter atau perilaku manusia terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungannya. Beberapa konsep pendidikan karakter yang dapat diungkap dari Hadits tersebut adalah Pertama, Konsep pendidikan karakter dalam Islam, Kedua, Konsep Karakter dan Akhlak dalam Islam dan Ketiga, Akhlak dan Karakter dalam Hadis. Keempat, Materi Akhlak dan Karakter dalam Hadis. Kelima, Peran Guru dan orang tua dalam pendidikan karakter.

Keywords


Pendidikan Karakter, Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah, Hadis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6673
Abstract views : 129 times
PDF : 99 times

References


Abuddin Nata dan Fauzan, Pendidikan dalam Perspektif Hadis, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.

------------------------------, Pemikiran para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Ahmad Warson, Munawwir, Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Al-Qusyairi, al-Risalah al-Qusyairiyyah, Juz I, al-Bab al-Taubat, Maktabah syamilah.

Elkind, D. H. & Sweet, F. How to do character education. Artikel diambil pada tanggal 9 Mei 2023 dari http://www.goodcharacter.com/Article-4.html.

Harta, I. (2010). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP/MTs. Artikel diakses dari internet pada tanggal 9 Mei 2023. Hlm. 2

Khalil Al-Musawi, Bagaimana Membangun Kepribadian Anda. Jakarta: Lentera, 1999.

Ibnu Rajab al Hanbali (736-795 H), tahqiq Syu’aib Al Arna-uth dan Ibrahim Bajis, Jami’ al-Ulum wa al-Hikam fi Syarhi Khamsina Hadisan min Jawami’ al-Kalim, Mu’assasah ar Risalah, Beirut, Libanon, Cet. VII, Th. 1422 H/ 2001 M

Irpan Abd. Gafar, dan Muhammad Jamil B., Re-formulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Nur Insani, 2003.

Irwan Prayitno, Anakku Penyejuk Hatiku, Bekasi: Tarbiyatuna, 2004.

Imam al-Ghazali, Bidayatul Hidayah (Terj), Jakarta: Himmah, 2008.

Lajnah Pentashih al-Quran Depag RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta: J-Art, 2004.

Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25, 93-100.

Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafatut Tarbiyah al-Islamiyah (Terj), Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Muhammad Husain Haekal, Sejarah Hidup Muhammad, Penerj. Ali Audah, Jakarta: Tintamas Indonesia, 2015.

Muslich Shabir, Tarjamah Riyadhus Shalihin.

M. Fuad Abdul Baqi, Al-Lu’lu’ Wal Marjan Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1979.

أبو لبابة حسين، التربية فى السنة النبوية، (الرياض: دار اللواء للنشروالتوزيع، 1977.

الحافظ أبى محمد بن عبد الله بن محمد بن جعفر بن الاصبهانى، أخلاق النبي صلى الله عليه وسلم وآدبه، (اللبنانية: الدار المصرية، 1993.

أبو حامد محمد بن محمد بن محمد الغزالي الطوسي، إحياء علوم الدين، كتاب النية والإخلاص والصدق

-----------، أيها الول صحيح مسلم، مشكول وموافق للمطبوع، باب تفسير البر والاثم، جزء 8، الصفحة 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Basit, Edi Safri, Rehani Rehani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.