PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INTERACTION DENGAN METODE SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Dzulfa Aulia Zahra, Asis Saefuddin, Muhammad Rifqi Mahmud

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi lapangan yang dilaksanakan peneliti melalui kegiatan observasi dan wawancara kepada guru kelas V adanya kendala dalam proses pembelajaran yang membuat siswa kesulitan dalam berpikir kritis yang disebabkan kurangnya model, metode dan media pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran. Model direct instruction dapat berbentuk metode ceramah, demontrasi, pelatihan atau praktik dan kerja kelompok serta metode scramble merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kecepatan berpikir peserta didik. Metode ini juga mengharuskan peserta didik untuk menggabungkan otak kanan dan otak kiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Margacinta 2 yang berjumlah 18 orang siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus mendapat nilai rata-rata 36,5 dan ketuntasan klasikal sebesar 5,56%. Gambaran proses pembelajaran menggunakan model direct interaction dengan metode scramble pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 63% dan aktivitas siswa 63%. Siklus II aktivitas guru memperoleh nilai 81% dan aktivitas siswa 73%. Siklus III aktivitas guru 93% dan aktivitas siswa 79%. Lalu, pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 62,27 dengan angka klasikal yaitu 33,33% dan pada siklus III siswa memperoleh nilai rata-rata 71 dengan angka klasikal yang diperoleh yaitu 66,67%. Kemudian, kemampuan berpikir kritis siswa setelah pelaksanaan seluruh siklus melakukan tes akhir perolehan rata-rata yaitu 72,55 dengan siswa yang tuntas persentase sebesar 77,78% dan siswa yang tidak tuntas persentase sebesar 22,22%.

Keywords


Model Direct Interaction; Metode Scramble; Berpikir Kritis; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6676
Abstract views : 182 times
PDF : 103 times

References


Arikunto, S. S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gowa, S. L. (2019). PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BILANGAN ROMAWI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV.

Oktavia, Y. (2020). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Asatiza, 1(2), 286-297.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosidi, M. I. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas -1 SMA Muhammadiyah 3 Jember,. 12(1).

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Snyder, S. L. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 2(50), 90-99.

Supartini, K. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food and Beverage pada Kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish. Journal of Education Action Research, 5(2), 194-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dzulfa Aulia Zahra, Asis Saefuddin, Muhammad Rifqi Mahmud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.