KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING

Rahmatul Wahid, Rivdya Eliza, Andi Susanto

Abstract


Tulisan ini membahas tentang kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan metaphorical thinking di kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan randomized control grup only design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dan data dianalisis dengan uji-t. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yaitu kelas eksperimen 77,34 dan kelas kontrol 66,94. Uji hipotesis dengan alfa sama dengan 0,05 diperoleh ttabel 1,67 dan thitung 2,53. Ini berarti bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari hasil ini diharapkan guru dapat memilih metaphorical thinking sebagai alternatif pendekatan pembelajaran.

Keywords


Metaphorical Thinking; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6677
Abstract views : 180 times
PDF : 159 times

References


Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 1: 2, 196.

Andesta, Y. W., Eliza, R., & Susanto, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII Di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(2).

Anggraeny, T. K. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA.

Eliza, R. (2020). Hubungan Resiliensi dan Faktor Gender terhadap High Order Thinking Skills Mahasiswa Tadris Matematika PTKIN Di Sumbar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 106.

Fauzianty, Y. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Salah Satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Lakoff, G., & Johnson, M. (1980). Metaphors We Live By. The University Of Chicago Press.

Mardiyanti, D. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3).

Mujib. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Improve. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 169.

Nasrun. (2014). Contextual Learning Approach in Improving Critical Thinking Skills of Guidance and Counseling Students of State University of Medan. International Journal of Sciences, 18(1), 151–161.

Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104.

Pradani, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Universitas Muhammadiyah Malang.

Putri, B. N. (2021). Penerapan Pendekatan Methaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.

Roesdiana, L. (2016). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4, No. 2, 171.

Rusmin, A. (2013). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palu Pada Materi Hubungan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 101–114.

Sara, Y. (2021). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Institut Agama Islam Negeri Padang.

Siti Zubaidah. (2010). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia,” 16(January 2010), 1–14. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_yang_Dapat_Dikembangkan_melalui_Pembelajaran_Sains/links/59564c650f7e9b591cda994b/Berpikir-Kritis-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tingg

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Jurnal MIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 17, 382.

Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat, 3(2), 40–41.

Susanto, A. (2020). Strategi Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Matematis. Math Educa Journal, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1816

Susanto, A., & Ariadi, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 28 Padang. Math Educa Journal, 1(2), 225–236. https://doi.org/10.15548/mej.v1i2.29


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmatul Wahid, Rivdya Eliza, Andi Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.