PENGARUH MEDIA POP UP BOOK PEMBELAJARAN IPA TENTANG INVERTEBRATA KELAS V SDN KEBON AGUNG 02

Aqis Puji Amanatul Ula, Febriyanti Arafah, Alvin Hidayatullah, Muhammad Suwignyo Prayogo

Abstract


Penggunaan media pembelajaran dirancang untuk mengembangkan cara belajar siswa agar lebih menarik sehingga dibuatlah suatu alat peraga seperti media pop up book. Media pop up book adalah media kertas yang apabila dibuka akan muncul obyek yang berbentuk tiga dimensi. Pengembangan media pop up book menghasilkan media pop up book yang dapat diterapkan pada mata pelajaran IPA khusunya seperti yang peneliti buat yaitu pada materi hewan invertebrata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pop up book pada pembelajaran IPA tentang Invertebrata di kelas V SDN Kebon Agung 02. Kelebihan dari media pembelajaran pop up book ini yakni bisa menggambarkan materi jadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Media pembelajaran pop up book bisa dipakai untuk bahan belajar siswa dikelas secara mandiri atau kelompok. Sehingga dengan menggunakan media ini dapat meningkatkan partisipasi siswa untuk berkonsentrasi serta memahami apa yang guru sampaikan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran juga aktif dan tidak membosankan membuat suasana pembelajaran menjadi tenang. Mereka sangat senang dengan media pembelajaran karena merupakan hal yang baru dan medianya menarik karena bergambar dan berwarna-warni. Selain bisa menarik minat siswa dalam belajar, media pop up book ini bisa memperjelas makan dari materi karena berupa gambar dan dijelaskan oleh peneliti. Pada penggunaan media pop up book ini juga melatih fokus siswa dalam belajar sehingga sangat berpengaruh terhadap daya tangkap pemahaman materi. Dalam proses pembelajaran dan pengenalan media pop up book tentang hewan invertebrata mereka antusias dan terlibat aktif. Hampir seluruh siswa menyukai pembelajaran tentang hewan invertebrata dengan media pop up book.

Keywords


Media Pembelajaran; Pop up book; Invertebrata

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6680
Abstract views : 272 times
PDF : 243 times

References


Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Edo, Dwi Cahyo. Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.STKIP PGRI METRO 2017.

Hanifah, Tisna Umi. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). EARLY CHILDHOOD EDUCATION PAPERS (BELIA) 3 (2) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia

Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018. http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Laila ,Alfi (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V Sdn Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Luthfi,Oktiyas Muzaky,Dewi, Citra Satrya Utama,Sasmitha,Respati Dwi,Alim,Dimas Syarif,Putranto, Dimas Bagus Dwi,Yulianto, Firly." Kelimpahan Invertebrata Di Pulau Sempu Sebagai Indeks Bioindikator,Ekonomis Penting Konsumsi, Dan Komoditas Koleksi Akuarium." Journal Of Fisheries and Marine Research ,volume 3 nomor 2 (2018): 137-148.http://jfmr.ub.ac.id.

Murwanti Fita, Rokhimah Hanik Nur, Wiharti Tri. "Identifikasi Invertebrata Di Pantai Ngeden Yogyakarta Sebagai Bahan Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Sekolah Menengah Atas." Journal Of Biology Learning (Volume 1, Nomor 2):109 Http://Journal.Univetbantara.Ac.Id/Index.Php/Jbl/

Ramadayanti Desi Suci. "Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Pristiwa Alam Kelas 1

Di Sdn Wanagiri" Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram 2022: 18

Saifudin,Much Fuad,Mungallamah Dwi."Pengembangan Media Pop-up Book Materi Kingdom Animalia untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama." Journal Of Learning and Instructional Studies, volume 1 nomor 1(2021): 25-36. https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/about/submissions.

Sundayana, R. 2014. Media Dan Alat Peraga Matematika. Bandung: Alfabeta

Sulastri." Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Bangunharjo Bantul." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ke 5 (2016):2.270-2281.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Susanto, Pudyo. (2000). Pengantar Ekologi Hewan. Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menegah IBRD Loan 3979. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sidabutar,Desi Maisura,Khadijah,Rohani."Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurhayati Kecamatan Medan Tembung." Jurnal Raudhah, volume 7 nomor 2 (Juli-Desember 2019): 49-63. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah.

Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media PopUp Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Banjaran Driyorejo Gresik, 03, 1196–1205.

Upikoh. (2008). Keanekaragaman Jenis Makrozoobenthos Pada Kawasan Mangrove Pantai Morosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.

Wandri Ramadhan, Zainal Asrii, Rendy Nugraha Frasandy. “Analisis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2021:23

Wulandari Intan Sri Ayu. "Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sd Islam Taman Quraniyah." Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2019: 22

Yuliani Rinda, Utami Sri, Widiyanto Joko. "Penyusunan Ensiklopedia Hewan Invertebrata Sebagai Media Pembelajaran Sma Kelas X Berbasis Identifikasi Keanekaragaman Arthropoda Ekosistem Sawah." Prosiding Seminar Nasional Simbiosis Ii : 78


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aqis Puji Amanatul Ula, Febriyanti Arafah, Alvin Hidayatullah, Muhammad Suwignyo Prayogo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.