PERLAKUAN EDUKATIF TERHADAP PESERTA DIDIK YANG UNIK

Muslimah Muslimah, Miftakhul Jannah, Lely Nur Hidayah Syafitri

Abstract


Dalam tulisan ini penulis memaparkan tentang Pentingnya memahami bagaimana pendidik diperlakukan dalam bidang pendidikan karena pembelajaran selalu berhubungan dengan siswa yang berbeda satu sama lain dalam hal latar belakang, sifat, preferensi belajar, potensi, kecerdasan, dan karakteristik lainnya. Setiap pendidik perlu menyadari keunikan dan karakteristik setiap siswa untuk membuat rencana pembelajaran yang dapat memperhitungkan semua variasi di kelas untuk mencapai tujuan pendidikan. Metodologi atau pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode atau pendekatan penelitian kepustakaan, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggali dan menelaah berbagai jurnal, buku, dokumen (baik cetak maupun elektronik), serta sumber data dan informasi lain yang berkaitan dengan studi. Perilaku guru dalam menciptakan kelas, menyampaikannya, dan mengasuh murid sesuai dengan bakat dan fase perkembangannya ditelaah dalam esai ini melalui analisis berbagai penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dapat memberikan kontribusi positif dengan melakukan tindakan cerdas yang sesuai dengan keadaan siswa jika memiliki kesadaran yang cukup terhadap potensi, kemampuan, dan sifat yang dimiliki masing-masing siswa.

Keywords


Perlakuan edukatif; Strategi; Siswa unik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6684
Abstract views : 248 times
PDF : 435 times

References


Asmaun Sahlan. 2010. Mewujudkan Budaya Relogius Di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi. Malang: UIN Maliki Pres.

Daniel P. Hallahan, James M. Kauffman, Paige C. Pullen. 2019. Exceptional Learners: An Introduction to Special Education. 14th ed. Pearson.

Margo A. Mastropieri, Thomas E. Scruggs. 2018. The Inclusive Classroom: Strategies for Effective Differentiated Instruction. 6th ed. Pearson.

Marpaung, Tika Pratiwi, and Dodi Pasila Putra. 2022. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Restu Ibu Bukittinggi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2): 10034–42.

Mestika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Putri, Yunita, and Stephani Raihana Hamdan. 2021. “Sikap Dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 4 (2): 138–52.

Sakdah, Maya Siti, Andi Prastowo, and Nirwana Anas. 2022. “Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (1): 487–97.

Spencer J. Salend. 2008. Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practices. 6th ed. Pearson/Merrill Prentice Hall.

Sunarto, B. Agung Hartono. 2006. Perkembangan Peserta Didik. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslimah Muslimah, Miftakhul Jannah, Lely Nur Hidayah Syafitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.