IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MENENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PASANTREN

Surini Surini, Yulia Esti Kurniasih

Abstract


Nilai religius merupakan sesuatu sifat atau hal yang terdapat dalam diri manusia yang berkaitan dengan keagamaan yang berupa ikatan atau hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Berangkat dari keprihatinan penulis terhadap pemahaman radikal yang saat ini banyak terjadi maka perlu adanya pendidikan atau pengajaran tentang nilai-nilai religius berbasis moderasi beragama. Karena moderasi beragama merupakan suatu sikap yang menentang tentang berlebih ada dalam beragama dan dalam memahami ilmu agama. Penerapan nilai tawasuth bebasis moderasi beragama dalam kegiatan kajian kitab ta‟limul muta‟alim yang didalam pelaksanaannya pengajar memberi pemahaman kepada santri untuk bersikap tawasuth dalam melakukan kegiatan sehari-hari, Penerapan nilai tawazun berbasis moderasi beragama telah diterapkan dalam kegiatan sholat dhuha dan rangkaian pelaksanaannya, yaitu dalam pelaksanaannya santri diharuskan berdo‟a, berdzikir, dan membaca alqur‟an bersama, dengan tujuan untuk memperoleh kebahagiaan dan kebaikan didunia maupun di akhirat dan untuk mendapat ketenangan pikiran sedangkan dengan Penerapan nilai tasamuh berbasis moderasi beragama telah diterapkan melalui kegiatan kerja bakti atau gotong royong. Santri dan pengurus menerapkan sikap toleransi, saling menghargai dan saling menghormati.

Keywords


Nilai-nilai Religius; Moderasi Beragama

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6693
Abstract views : 170 times
PDF : 658 times

References


Arikunto, S. S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gowa, S. L. (2019). Penerapan Model Direct Instruction Terhadap Hasil

Belajar Siswa Materi Bilangan Romawi Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV.

Oktavia, Y. (2020). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Asatiza, 1(2), 286-297.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosidi, M. I. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas -1 SMA Muhammadiyah 3 Jember,. 12(1).

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Snyder, S. L. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills.

The Delta Pi Epsilon Journal, 2(50), 90-99.

Supartini, K. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food and Beverage pada Kompetensi Menerapkan Teknik Platting dan Garnish. Journal of Education Action Research, 5(2), 194-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Surini Surini, Yulia Esti Kurniasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.