MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BONDOWOSO

Kaviyatun Azizah, Rofiq Hidayat

Abstract


Manajemen pelayanan publik merupakan upaya penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik khususnya madrasah meliputi pemenuhan pelayanan atas barang, jasa dan/atau pelayanan administratif yang diinginkan oleh masyarakat dengan berpedoman pelaksanaannya pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subyek diambil menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana melalui langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Penelitian ini menghasilkan fakta-fakta sebagai berikut : 1) Perencanaan Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilakukan dengan diturunkannya Surat Keputusan kepala madrasah dan dibuatnya SOP (Standar Operasional Prosedur) oleh kepala TU. 2) Pengorganisasian Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilakukan dengan kepala madrasah menentukan tugas dan yang bertugas di PTSP. 3) Kepemimpinan Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilakukan dengan memberikan motivasi dan pengarahan melalui komunikasi secara langsung terhadap bawahan yang dilakukan secara langsung atau dalam waktu rapat. Terakhir dalam memecahkan konflik pimpinan PTSP melakukan dengan musyawarah mufakat di dalam rapat evaluasi. 4) Pengendalian Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilakukan dengan adanya pemantauan kegiatan serta pengoreksian penyimpangan yang dilakukan secara langsung oleh kepala TU terhadap kinerja petugas PTSP.


Keywords


Manajemen; Pelayanan Publik; Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i1.7282
Abstract views : 4 times
PDF : 1 times

References


Huberman, M., Saldana, 2014, Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publication.

Kusumastuti, Adhi. 2019, Metode Penelitian Kualitatif. Semarang:Pressindo.

Muchlis Adnan, Indra. 2013, Administrasi, Organisasi dan Manajemen. Yogyakarta:Trussmedia Grafika.

Mursyidah, Lailul. 2020, Manajemen Pelayanan Publik. Sidoarjo:Umsida Press.

Rohman, Abd. 2017, Dasar-Dasar Manajemen. Inteligensia Media:Malang.

Sekretariat Negara Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah tentang pelaksanaan UU No.25 Tahun.2009 tentang pelayanan publik pasal 1 ayat (1).

Sidiq, Umar. 2019, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo:Nata karya.

Sugiono. 2014, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2018, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Taufiqurakhman dan Evi Satispi. 2018, Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang:UMJ Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kaviyatun Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.