IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 3 BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA

Silvi Ananda Putri Devi

Abstract


Di era perkembangan zaman ini banyak dijumpai dan ditemukan kasus-kasus tindakan kekerasan yang dilakukan di lingkungan pendidikan. Tindakan kekerasan anak di sekolah yang terjadi dan dialami oleh anak telah menjadi perbincangan hangat di dunia maya atau internet. Selain itu permasalahan perundungan atau bullying di sekolah juga menjadi topik permasalahan yang krusial di dunia pendidikan. Hal ini tentu saja menorehkan catatan buruk bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kasus kekerasan dan perundungan beberapa tahun belakangan ini menjadi pembahasan yang sangat hangat. Kemudian muncullah solusi mengenai konsep Sekolah Ramah Anak. Pelaksanaan sekolah ramah bertujuan untuk memenuhi hak anak secara menyeluruh. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Kementerian PPPA RI No. 8 Tahun 2014. Cara ini juga diadaptasi oleh SMP Negeri 3 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa manjemen sekolah seperti, sarana prasarana, fasilitas, dan lingkungan telah memenuhi syarat Sekolah Ramah Anak. Namun masih terdapat beberapa permasalahan yang luput dari perhatihan pihak sekolah, seperti terdapat siswa yang mengumpat dan menggunakan kata-kata kasar dalam pergaulannya

Keywords


sekolah ramah anak; implementasi; sekolah menengah pertama.

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, L., & Harun, H. (2018). Sekolah Ramah Anak Berbasis Hak Anak di

Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 10-19.

Fajri, W. A. (2020). Identifikasi Kesiapan Sekolah Siaga Kependudukan di

Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Pringkuku (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Pacitan).

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah

Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29.

Putri, A., & Akmal, A. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan dan Implikasinya Terhadap Pemenuhan Hak Anak. Journal of Civic Educational, 2(3), 228-235.

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah

Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38-52.

Rofiā€™ah. (2014). Implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Profesi Pendidikan Dasar Vol 2, No. 1.

Sakti, B. P. (2016). Indikator Sekolah Dasar Ramah Anak.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018).

Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86-94.

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5 (2), 145-15.




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i2.7468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Silvi Ananda Putri Devi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.