PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD AL-BAITUL AMIEN

Alvin Hidayatullah, Febriyanti Arafah, Aqis Puji Amanatul Ula, Muhammad Suwignyo Prayogo

Abstract


Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model team games tournament atau TGT dan media aplikasi word wall pada keaktifan belajar peserta didik kelas IVB SD Al Baitul Amien 02 Jember. Mata Pelajaran IPA sampai saat ini masih saja dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Kurangnya minat peserta didik dalam mata pelajaran IPA karena model pembelajaran dan juga media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik. Masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah sehingga membuat peserta didik bosan dan sulit menerima materi. Hal tersebut membuat berkurangnyaminat peserta didik dalam belajar IPA. Rasa bosan akan sesuatu yang monoton bisa saja kapanpun terjadi dan dimanapun (Tatsa Galuh Pradani,2022:453). Hal ini diungkapkan berdasarkan fakta dilapangan bahwa peserta didik sering merasa bosan akibat dari model pembelajaran yang kurang menarik dan tidak bervariasi.

Keywords


model; media; TGT; Wordwall

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i2.7476
Abstract views : 146 times
PDF : 114 times

References


Astawan, I Gede dan I Nyoman Murda. 2019. "MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRIKAYA PARISUDHA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN HASIL BELAJAR IPA". Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. LPPM Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2,

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

DK Adiputra, Y Heryadi (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah PGSD 5 (2), 104-111

Galuh, Tatsa Pradani. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan.Sudjana dan Rivai 2005 Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, hlm 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alvin Hidayatullah, Febriyanti Arafah, Aqis Puji Amanatul Ula, Muhammad Suwignyo Prayogo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.