IMPLEMENTASI ADAB MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF SYEKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB “TA’LIM MUTA’ALIM”

Andri Ardiansyah, Nur Fajar Ihrom

Abstract


Belajar adalah acuan pendidikan yang benar-benar penting, maka karna itu seseorang bisa tercapai yang diinginkan nya. Sebab belajar ialah sebuah aktivitas yang dikerjakan secara nyata guna menciptakan suatu akhlak yang baik. Tujuan penelitian bagi umat islam atau bagi peserta didik dalam proses pembelajaran agar bisa beradab kepada ilmu dan ahli ilmu guna untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka, dimana memperlihatkan pendapat-pendapat pengetahuan. Hasil penelitian ini diambil dari berbagai sumber-sumber pengetahuan yang mengenai “Adab Menuntut Ilmu”. Kemudian dapat disimpulkan dari hasil pembahasan adalah para penuntut ilmu mengerti tata cara menuntut ilmu agar tidak salah jalan dan menghasilkan hal yang bermanfaat bagi penuntut ilmu.

Keywords


Adab,Menuntut Ilmu,dan Ta’lim Muta’alim

Full Text:

PDF

References


Fabiana Meijon Fadul. 2019. 1 (April): 133–44

Mahsun, Moch, and Danish Wulydavie Maulidina. 2019. “Konsep Pendidikan

Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syekh Al-Zarnuji Dan Kitab Washoya Al-Aba’ Lil-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 2 (2): 164. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i2.438.

Manik, Wagiman. 2020. “Kewajiban Menuntut Ilmu.” WARAQAT : Jurnal Ilmu Ilmu Keislaman 2 (2): 17. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.63.

Putra, Ary Antony. 2017. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1 (1): 41–54.

https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.

Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro, Geraldo de Nardi Junior, Guida Palmeira, Franklin Riet-Correa, Valéria Moojen, Paulo Michel Roehe, Rudi Weiblen, Jael S. Batista, et al. 2021.

Sari, Cut Purnama. 2018. “Struktur Tematik Berita Penyalahgunaan Narkoba Harian Media Indonesia (Analisis Wacana Kritis Teun a. Van Dijk).” FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 12 (1): 99–112. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v12i1.1517

Sri Handayani, Nuri, Aam Abdussalam, and Udin Supriadi. 2021. “Akhlak Peserta Didik Dalam Menuntut Ilmu: Sebuah Pemikiran Reflektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6 (2): 395–411. https://doi.org/10.25299/al thariqah.2021.vol6(2).8105.




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i2.7477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andri Ardiansyah, Nur Fajar Ihrom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.