METODE SPEED READING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Nyangfah Nisa Septiana, Zulfahmi Zulfahmi, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini membahas tentang keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang belajar dengan metode speed reading di kelas V SDN 21 Limau Sundai. Dalam pembelajaran membaca masih terdapat keterampilan membaca pemahaman yang tergolong rendah. Berdasarkan penelitian relevan permasalahan tersebut dapat diatasi dengan perbaikan menggunakan penerapan metode speed reading. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat perbedaan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan metode speed reading dengan membaca nyaring. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji ―t‖ dengan pengolahan data menggunakan SPSS diperoleh signifikan α < 0,05 yaitu 0,005<0,05 thitung > ttabel yaitu 2,942 > 2,009, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan metode speed reading dengan membaca nyaring dan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Dari hasil ini diharapkan pendidik dapat menggunakan metode speed reading sebagai alternatif metode pembelajaran membaca.

Keywords


Metode Speed Reading; Pembelajaran Tematik; Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i2.7478
Abstract views : 68 times
PDF : 45 times

References


Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Alpian, Yayan, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, and Nizmah Maratos Soleha Soleha. 2019. “Pentingnya Pendidikan bagi Manusia.” Jurnal Buana

Pengabdian 1(1):68.

Amanata, Ralvi, and Taufina Taufik. 2020. “Penerapan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar.” E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD 8(8).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asiyah, Siti, Lina Siti Nurwahidah, and Ari Kartini. 2021. “Efektivitas Penerapan Model Speed Reading dan Model Skimming dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah 10(3):153–59.

Fauyan, Muchamad. 2018. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 di SD/MI Kota Pekalongan.” Jurnal Komposisi 03(2):96–104.

Firman, Desti Yolanda, Otang Kurniaman, And Gustimal Witri. 2022. “Pengaruh Metode Speed Reading terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 145 Pekanbaru.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1(1).

Hasnunidah, Neni. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Herlinyanto. 2019. Membaca Pemahaman dengan Strategi KWL, Pemahaman

dan Minat Membaca.

Nadwa. 2014. “Mengurai Kerancuan Istilah Strategi Dan Metode Pembelajaran.”

Jurnal Pendidikan Islam 8(2).

Noer, Muhammad. 2009. Speed Reading for Beginners.

Pakpahan, Andrew Fernando, Adi Prasetio, Edi Surya Negara Kasta Gurning,

Risanti Febrine Ropita Situmorang, Tasnim Parlin Dony Sipayung, Ayudia

Popy Sesilia, Puspita Puji Rahayu Bonaraja Purba, Muhammad Chaerul, Ika

Yuniwati Valentine Siagian, and Gilny Aileen Joan Rantung. 2021. Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis.

Rostiani, Ikke. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Va Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Rosyidah, Masayu, and Rafiqa Fijra. 2021. Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunarti, Sri. 2021. Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. NEM.

Suwandayani, Beti Istanti. 2018. “Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 1 Malang.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2:78–88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nyangfah Nisa Septiana, Zulfahmi Zulfahmi, Rendy Nugraha Frasandy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.