KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Muhammad Aldi, Ulfatmi Ulfatmi, Gusmaneli Gusmaneli

Abstract


Siswa masih belum serius dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal keluarga dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 38 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan statistik SPSS 25 rxy lebih besar dari rtabel 0,413 > 0,396 maka Ha diterima dan Ho ditolak sebagai benar.Pada interpretasi korelasional sebesar 0,413 termasuk dalam kategori hubungan sedang dengan nilai berkisar antara 0,40 hingga 0,599. Dapat disimpulkan bahwa hubungan korelasi positif adalah semakin tinggi komunikasi interpersonal keluarga maka hasil belajar akan semakin tinggi atau sebaliknya semakin rendah komunikasi interpersonal keluarga maka hasil belajar akan semakin rendah.

Keywords


Komunikasi Interpersonal Keluarga; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i2.7479
Abstract views : 61 times
PDF : 28 times

References


A, Hallen. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers. 2016.

Akhir, Muhammad. Indonesian Journal Of Primary Education. Bandung: UPI.

Al-Mahalli, Jalaluddin dan Jalaluddin As-Suyuthi. Kitab Tafsir Jalalain. Kairo:

Dar Al-Hadits. 1505.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2017.

Banerjee, Meeta. Racial/Ethnic Socialization and Parental Involvement in

Education as Predictors of Cognitive Ability and Achievement in African American Children. East Lansing: Michigan State University.

Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Komunikasi orangtua dan anak dalam keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2017.

Effendy, Onong U.Ilmu dan Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2019.

Firmansyah, Mokh. Imam. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim, Vol. 17, No. 2.

Floyd, Kory. Interpersonal Communication. New York: David Patterson. 2021.

Friska, Cindi. Peserta Didik SMP Negeri 38 Padang. 15 September 2022.

Hadi, Sutrisno. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset. 2015.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar GrafikaOffset. 2015.

Helmawati. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja RosdakaryaOffset. 2016.

Imron, Ali. Manajemen Siswa Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. 2015.

Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group. 2015.

Karnadi. Statistika Penelitian. Semarang: Rasail Group. 2017.

Lasswell, Harold. The Structure and Function of Communication in Society. New York: Harper and Brothers. 1948.

Mappiare, Andi. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional, 2017.

Margono, S.Metodologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2016.

Muhammad, Arni. Komunikasi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara. 2018.

Muntholi’ah. Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi Pendidikan Agama Islam. Semarang: Gunung Jati. 2017.

Raha, Syarif Muhammad. Pendidikan Keluarga. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, Vol.7 No. 1. 2022.

Rahmah, Firstyana Ulya. Peranan Keluarga Dalam Pembentukan Perilaku dan Perkembangan EmosinAnak Serta Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2015.

Rifa’i, Achmaddan Catharina Tri Anni. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press. 2022.

Rosnandar. Perspektif Komunikasi Keluarga. Bandung: Alumni. 2018.

Sardy, Idris. Komunikasi dan Keluarga. Bandung: Citra Aditya Bakti. 2016.

Sendjaja, S. Djuarsa. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.2015.

Setiawati, Santun. Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta: Agung Wijaya. 2015.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 2019.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindon

Persada. 2019.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2016.

Thariq, Muhammad. M Membangun Ketahanan Keluarga Dengan Komunikasi Interpersonal. Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah. 2017.

Trinova, Zulvia, et. al. Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hubungannya

dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Al Irsyad Bimbingan Konseling Islam. Vol.12 No.1. 2021.

Umar, Munirwan. Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak, Jurnal Edukasi, Vol.1, No.1. 2015.

W, Gulo. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 2017.

Widjaja. Komunikasi: komunikasi dan hubungan masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara. 2022.

Wulansari, Afika. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi OrangTua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa

Kelas VIII SMP N 2 Pringapus Tahun 2015/2016. Semarang: UNNES. 2016.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:

Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Aldi, Ulfatmi Ulfatmi, Gusmaneli Gusmaneli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.