PEMANFAATAN PORTOFOLIO DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 BUKITTINGGI

Arfi Saputra, Zainal Asril, Syahril Syahril

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan. Pertama, guru memiliki file portofolio di dalam kelas sebagai bahan untuk penilaian hasil belajar peserta didik, tetapi guru Sejarah belum melaksanakannya dengan baik. Kedua, guru menggunakan portofolio sebagai bahan untuk melihat keefektifan peserta didik dalam belajar sebelum dan sesudah penggunaan portofolio. Penelitian ini bertujuan dapat mengetahui bagaimana Pemanfaatan Portofolio dalam Penilaian Hasil Belajar sejarah Peserta Didik di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 2 Bukittinggi. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru Sejarah yaitu ibu Adjuaryra Roviydjastepharelindis dan juga peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Bukittinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi lapangan, wawancara, serta studi dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Data meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.Dari hasil penelitian di peroleh bahwa pada saat pelaksanaan penilaian portofolio dan saat melakukan wawancara dengan peserta didik kelas XI IPS 1 dan guru Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Bukittinggi. Adapun isi dari portofolio yaitu (1) catatan, (2) penilaian harian, (3) ujian tengah semester, dan (4) ujian akhir semester yang diurut sesuai tanggal. Pelaksanaan penilaian portofolio juga efisien dan efektif dilakukan dalam penilaian hasil belajar peserta didik, hal ini terlihat dari peserta didik yang tepat waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas, serta tujuan penilaian portofolio yang telah ditetapkan oleh guru Sejarah sebelum memulai pembelajaran. Penilaian portofolio ini dilihat dari kelengkapan isi dari portofolio. Portofolio juga membantu dan memudahkan guru dalam menilai kelebihan dan kekurangan peserta didik, serta memudahkan guru dalam menentukan nilai akhir peserta didik.

Keywords


Pemanfaatan portofolio; Penilaian; Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i2.7481
Abstract views : 73 times
PDF : 24 times

References


Agus Suprijono. 2012. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Rudi Maasrukhin Khurin`in, Ratnasari, 2019, Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika, Jakarta.

Anita Yus. 2006. Penilaian Portofolio Untuk Sekolah Dasar.Jakarta: Depdiknas

Arfin. 2010. Dalam makalah Penilaian Portofolio Universitas Pendidikan Indonesia.

Carey dan Dick, 2005, Komponen Strategi Pembelajaran, Komponen Strategi Pembelajaran.

Depdiknas. 2004. Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian.

Dimyati, Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, 2012, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Ismet Basuki, Haryanto. 2015. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jogiyanto, H.M, 2007, Metode Penelitian Bisnis Yogyakarta : BPFE.

Ketentuan Pendidikan, 2005, Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta.

Masnur Muslich. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama

Moh. Sholeh Hamid. 2011. Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta Diva Press.

Mulyasa, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana sudjana. 2009. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan Abdullah Sani, 2019, Strategi Belajar Mengajar, Depok: Rajawali Pers.

Rustam, 2001, Menjadi Guru yang Kreatif dan Inovatif, Bandung : FPMIPA UPI.

Salinan Permendikbud No.23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Sarwiji Suwandi, Model Assesment dalam Pembelajaran. Sukarta: Yuna Pustaka.

Sudaryono, 2012, Dasar-dasar evaluasi pembelajaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafrudin Nurdin, 2016, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Syaiful Bahri Djamarah, 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengembangan MKDP, 2016, Kurikulum dan Pengembangan, Jakarta: Rajawali Pers.

Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arfi Saputra, Zainal Asril, Syahril Syahril

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.