Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Program Bina Bakat di MIN 3 Kota Palangka Raya

Nuril Ainularifin, Istiyati Mahmudah

Abstract


Pendidikan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia karena sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap manusia. Begitupun pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sejak dini kepada anak. Salah satunya melalui mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk menumbuhkan karakter siswa dengan seni. Peneliti  menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru SBK yang mengajar di MIN 3 Kota Palangka Raya. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan oleh peneliti berupa wawancara dan observasi. Nilai karakter bisa ditumbuhkan dengan banyak cara, salah satunya melaui program bina bakat.  Adapun bakat yang ditampilkan pada program bina bakat meliputi menari, bernyanyi, puisi, drama, paduan suara. Dari berbagai penampilan itu tumbuhlah nilai karakter dari setiap siswa yaitu keberanian, percaya diri, tanggung jawab, kedisiplinan, kreatifitas, kemandirian, dan kerjasama. 


Keywords


Nilai, Pendidikan Karakter, Program Bina Bakat

Full Text:

PDF

References


Ainularifin, N., & Mahmudah, I. (2023). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Pemahaman. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 107–119. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i02.2336

Basit, A., Safri, E., & Rehani. (2023). Pendidikan karakter siswa madrasah ibtidaiyah perspektif hadis. JOURNAL CERDAS MAHASISWA, 5(1), 30–51. https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6673

Falaq, Y. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Skema Pelajar Pancasila di Madrasah Intidaiyah. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 367–380.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Luthfiyyah, R. Z., Amelia, S., Maulidawanti, D., & Fauziyah, N. N. (2023). Peningkatan Karakter Anak Bangsa Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Program Profil Pelajar Pancasila. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2729–2742.

Lestari, Y. S. (2016). Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 38–42.

Mahmudah, I., Amaliyah, M., & Lestari, D. A. (2023). Ekstrakurikuler " Tari Pesisir " Sebagai Strategi Penanaman Percaya Diri Peserta Didik MIS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Jurnal Imajinasi, 7(2), 133–140. https://ojs.unm.ac.id/imajinasi/article/view/46137

Mahmudah, I., Yanti, M. Y., Andini, S. P., & Astuti, Y. (2023). Studi Tentang Pembelajaran Kesenian Karungut Dayak Ngaju Siswa Tunanetra Di Slb Negeri 1 Palangkaraya Istiyati. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa, 12(12), 3138–3145. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i12.64332

Marsela, A., Mahmudah, I., Murselina, M., & Marlina, L. (2023). Penerapan Ekstrakulikuler Tari Tradisional Dayak Khas Kalimantan Tengah Di SDS Bina Bangsa 04. PENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 3(1), 84-87. https://jurnal2.isi- dps.ac.id/index.php/pensi/article/view/2366

Miranti, I. S., & Handayani, D. E. (2023). Penguatan Karakter Siswa Melalui Proses Kreatif Pada Pembelajaran Sbdp Kelas Iv Sdn 05 Tegalsari. Wawasan Pendidikan, 3(80), 619–627.

Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru D. Harmony, 4(1), 19–32.

Putri, D. I. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (Ppk) Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari Di Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(01), 125–134.

Rahmah, N. A. (2019). Nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari siswa kelas tinggi sdn 5 wates. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 8(12), 1146–1155.

Ramadhan, W., Asril, Z., & Frasandy, R. N. (2021). Analisis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI. JOURNAL CERDAS MAHASISWA, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.15548/jcm.v3i2.3514

Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. RITME: Jurnal Seni dan Desain Serta Pembelajarannya, 2(1), 17–26.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI(Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 413–420.

Supriyanti, D., Herdianti, T., & Fitriyanti, L. (2024). Pengembangan Bakat Dan Kreativitas Anak. Jurnal Evaluasi Pendidikan (JEP), 6(1), 166–174.

Tysha, A. S., & Handayaningrum, W. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Tari Di Sman 8 Malang. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 29–41.




DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i1.8335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nuril Ainularifin, Istiyati Mahmudah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.