PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS AWAL: PENDEKATAN BERBASIS PROYEK

Sylvia Yustiyati, Mentari Meyllani, Nafila Fauziyah, Tin Rustini

Abstract


Pendidikan merupakan proses seseorang dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai serta sikap dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mempersiapkan individu menghadapi kehidupan yang akan datang. Pembelajaran IPS menjadi bagian dari kurikulum pendidikan yang dapat membuat kita paham mengenai perubahan maupun perkembangan yang terjadi di masyarakat, memahami bagaimana hubungan manusia dengan lingkungannya, serta meningkatkan kepekaan sosial kita terhadap masalah-masalah yang terjadi. Penelitian kualitatif ini dikumpulkan dari hasil pencarian informasi dan membaca sebagai referensi pembuatan artikel ini. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan berbasis proyek dalam pembelajaran IPS di SD kelas awal dapat membantu siswa dalam mengembangkan pemikiran yang kritis, berkreativitas dan saling berkolaborasi antar individunya.

Keywords


IPS; PBL; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i1.8680
Abstract views : 4 times
PDF : 3 times

References


Amalia, F. D., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2023). PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI SOLUSI MELATIH KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4034-4052.

Asniadarni. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112.

Aulia, L. R., & Pebriani, Y. N. (2023). Mengembangkan Keterampilan Sosial Dalam Kehidupan Melalui Model Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(1), 66-74.

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017, August). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 266-274).

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.

Parni, P. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Cross-border, 3(2), 96-105.

Rahmaniah, A. (2012). Pengembangan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada pendidikan dasar. Madrasah, 5(1), 103-122.

Riadi, F. S., Maharani, D., Nimaisa, G. S., Nafisah, S., & Istianti, T. (2023). Analisis Pembelajaran IPS Dalam Mengembangkan Knowledge, Attitude, Skill dan Values Di SD Labschool. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 45-55.

Supriatna. N dkk. TT. Pendidikan IPS di SD. [Online]. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/PENDIDIKAN_IPS_DI_SD/BBM_1.pdf.

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.

Susanto, A. (2019). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.

Wahyu, R. (2016). Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sylvia Yustiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.