PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL TENAGA KEPENDIDIKAN DISEKOLAH SERI SEMI ABIM SUNGAI RAMAL SELANGOR MALAYSIA

Zulkifli Zulkifli, Hasnawati Hasnawati, Wahyuli Lius Zen

Abstract


Tenaga kependidikan merupakan salah satu komponen yang sangat berperan penting dalam pendidikan terkhusus pada proses penyelenggaraan pendidikan. Namun sangat memalukan masih banyaknya sekolah-sekolah yang tidak memikirkan kesejahteraan para tenaga kependidikan yang ada disekolahnya. Sehingga faktor itu menyebabkan menurunnya kompetensi tenaga profesional kependidikan. Untuk mampu mensejahterakan tenaga kependidikan maka dapat menggunakan metode reward. Pemberian reward yang baik dapat memberikan motivasi positif terhadap diri tenaga kependidikan untuk melakukan pekerjaan yang baik serta meningkatkan kompetensi profesionalnya sebagai seorang tenaga kependidikan . Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan (SPSS) Ver 26. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pemberian reward dengan kompetensi profesional tenaga kependidikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 26 di peroleh T hitung sebesar 9.348 dan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Maka Thitung > Ttabel yaitu (9,348 >2,030), dan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05, yang berarti pemberian reward dengan kompetensi profesional tenaga kependidikan memiliki hubungan yang signifikan.


Keywords


Pemberian reward, kompetensi profesional, tenaga kependidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i1.8718
Abstract views : 3 times
PDF : 2 times

References


Aedi, Nur. 2016. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (Yogyakarta:Gosyen Publishing.

Anwar, Mahfuzil. 2020. Analisis Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pada STIMI Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaa. Volume 1, No. 02.

Bachtiar, Muhammad Yusri. 2016. Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. IV. No. 3.

Fatmawada. 2016. Pengembangan Kompetensi Tenaga Kependidikan di Universitas Negeri Makassar. Jurnal Office. Vol. 2. No.2.

Gosyen Publishing.

Irawati dan Fauzia Rozani Syafei. 2016. The Use Of Reward and Punishment To Increase Young Learners’ Motivation In Learning English As Foreign Language Adapted To Indonesian Context. Journal of English Language Teaching. (Vol. 5. No. 1. Serie D. September).

Junaidi. (2019). Konsep Reward and Punishment dalam Al-Qur'an (Kajian dari sisi Penerapan Pendidikan Moral). Jurnal At- Tarbawi. Vol. 6. No. 2.

Maslow, Abraham. 1984. Motivatio and Personality (Teori Motivasi dengan (Motivasi dan Kepribadian. (Yogyakarta: Cantrik Pustaka).

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. (Bandung: PT Remaja Rosdikarya). Cet. Ke-1.

Purnomo, Halim. 2012. Model Reward dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam. ( Yogyakarta; Deepublish).

Riyadi, Slamet. 2010. Pengaruh Kompensasi Financial dan Non Financial terhadap Komitmen Karyawan pada Perusahaan Swasta di Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Volume 6 Nomor 2. Januari.

Rosyid, Moh. Zaiful. 2019. Reward dan Punishment Konsep dan Aplikasi. (Malang; Literasi Nusantara Abadi).

Saad, Asril. 2017. Hubungan Antara Pemberian Reward Dengan Kinerja Guru di SD Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 1. No 1.

Sagala, Syaiful. 2007. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. (Bandung : Alfabeta).

Saleh, Sirajuddin dan Muhammad Darwis. 2015. Pengaruh Tunjangan Kinerja Pegawai pad BAUK Universitas Negeri Makassar. Jurnal Administrasi Publik. Volume 5 No. 1 Thn. 2015.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung : Alfabeta).

Yahya, M. 2017. Profesi Tenaga Kependidikan. (Bandung: Pustaka Setia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zulkifli Zulkifli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.