PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 23 PASIR SEBELAH KOTA PADANG

Nurtiya Febriani, Vini Wela Septiana, Dini Susanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik kurang mengasah kemampuan berpikir kritisnya terutama pada keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis oada keterampilan menulis peserta didik kelas V SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas I sampai kelas VI SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik dengan dua kelas yaitu kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen ialah kelas VA yang berjumlah 17 peserta didik dan kelas kontrol yaitu kelas VB yang berjumlah 19 peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada keterampilan menulis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t yang menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 yang menyatakan < dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada keterampilan menulis peserta didik kelas V SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Hasil analisis data diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen ialah 80,82 sedangkan pada kelas kontrol ialah 74,73.


Keywords


PBL, Berpikir kritis, Eksperimen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i1.9440
Abstract views : 12 times
PDF : 4 times

References


Aswir, Misbah, H., & Mahyana. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Photosynthetica, 2(1), 1–13.

Damayanti, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas V SSN Sukamantri. 14–33.

Devi, Bistari, & Krisnadi, H. (2019). Pengaruh Model PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV SD Negeri 34 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 45–58.

Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Implementasi Proses Menulis Pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. All Rights Reserved, 6(1), 47– 57.

Ida Kristiyani. (2019). Pengaruh Model Active Learning Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Peserta didik Kelas IV SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal Of Education Technology, 3(4), 278.

Martyaningsih, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Video Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis Peserta didik. Sarjana Thesis, Universitas Siliwangi. 11–31.

Nasution, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik MI Panyabungan SKRIPSI. Molecules, 2(1), 1–12.

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal Dalam Kemampuan Menulis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122.

Ono, S. (2020). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61.

Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Sistem Koloid. In JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia (Vol. 8, Issue 1).

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259.

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas V Pada Tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115.

Robani, M. (2018). Efektivitas Penggunaan Strategi Berpikir-Berpasangan-Berbagi (Think-Pair-Share /Tps) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Bagi Peserta didik Kelas IV SD Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. 1993, 14–58.

Sari, V. O. (2018). Keterampilan Menulis Surat Yang Baik Dan Benar Vidya Octa Sari ). Jurnal Elsa, Volume 16(2), 92–100.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. 218–219.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurtiya Febriani, Vini Wela Septiana, Dini Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.