PENGARUH APLIKASI KAHOOT  TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 2 PADANG

Wilda Apriliani, Duski Samad, Misra Misra

Abstract


Jenis Penulisan ini adalah kuantitatif eksperimen, Penulisan ini menggunakan jenis Penulisan Pre-Experimental Design. Metode ini diberikan pada satu kelas saja tanpa kelompok pembanding. Desain Penulisan eksperimen yang digunakan dalam Penulisan ini adalah One Group Pre-test and Post-test Design. Metode ini diberikan pada satu kelas saja tanpa kelompok pembanding. Rumus Pre Experiment One Group Pre-test and Post-test Design

Hasil Penulisan menunjukkan bahwa minat belajar kelas XI.F2 berada pada klasifikasi tinggi, Berdasarkan uji-t dengan SPSS 21. Hasil analisis diperoleh sig dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar = 0,000. Kesimpulannya bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti   yang berbunyi tidak terdapat pengaruh aplikasi kahoot terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMAN 2 Padang ditolak dan   yang berbunyi terdapat pengaruh aplikasi kahoot terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMAN 2 Padang.

Dan  >   yaitu 8,549 > 1,690 artinya   yang mengatakan terdapat pengaruh aplikasi kahoot terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 2 Padang diterima dan  ditolak. Artinya terdapat pengaruh aplikasi kahoot terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Padang.


Keywords


Aplikasi Kahoot, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i1.9445
Abstract views : 5 times
PDF : 3 times

References


Abidin, Fikri, Zainal. 2020. Pengaruh media Pembelajaran Kahoot terhadap Minat Belajar Peserta didik di kelas X SMKN 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1. No 1.

Drajat, Dzakiyah. dkk. 1995. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Eka, Mustikawati, Feny. 2019. Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Prosiding Seminar, Nasional, Bulan Bahasa, Semiba.

Khayi, Abdul. 2019.Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti Dan Penilaian Kurtilas Studi Kasus Di SDN 2 Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, Vol 3. No.2 .

Puspitasari, Rina. Suparman. Dkk. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 4 No 6.

Ramadhan, Muhammad. 2021. Metode Penulisan. Surabaya : Cipta Media Nusantara.

Rosalina, Lusiana. Junaidi Junaidi. 2020. Hubungan minat belajar dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi kelas XII IPS di SMKN 5 Padang.

Slameto. 1990. Belajar dan faktor-fator Mempengaruhinya. Jakarta : Rieneka Cipta .

Sudarmanto, Eka. dkk. 2021. Desain Penulisan Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2019. Metode Penulisan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wilda Apriliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.