Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang: Perpaduan Tradisi dan Modernitas dalam Pembentukan Peradaban Ilmu

Shofi Nugraheni

Abstract


Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang merupakan lembaga pendidikan Islam yang berhasil mempertahankan dan menggabungkan nilai-nilai tradisional Islam dengan elemen-elemen modern. Artikel ini membahas bagaimana pesantren tersebut mampu menjaga dan memadukan nilai-nilai tradisional Islam dengan elemen-elemen modern dalam upaya untuk berperan dalam pembentukan peradaban ilmu di wilayahnya. Dengan merumuskan pertanyaan penelitian, artikel ini berfokus pada dua aspek utama. Pertama, bagaimana Pesantren Raudlatut Thalibin berhasil menjaga dan memadukan nilai-nilai tradisional Islam dengan elemen-elemen modern. Kedua, bagaimana kegiatan para santri di pesantren ini, yang memadukan antara tradisi dan modernitas, memengaruhi pendidikan agama, budaya, dan sosial dalam masyarakat lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pesantren dalam menjalankan peran ini tidak hanya bergantung pada pengajaran nilai-nilai Islam tradisional, tetapi juga pada kemampuannya untuk mengadaptasi dan menerapkan elemen-elemen modern yang relevan. Selain itu, kegiatan santri yang memadukan tradisi dan modernitas juga memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan agama, budaya, dan sosial dalam masyarakat lokal. Artikel ini memberikan wawasan tentang model pendidikan Islam yang dapat menggabungkan tradisi dan modernitas dengan harmonis, memperkaya peradaban ilmu, dan memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan serupa.


Full Text:

PDF

References


Hariyadi, Ahmad. 2020. Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Membangun Budaya Organisasi Pesantren. Equity in Education Journal. 96-104.

Khoriskiya, Novita, Rini Iswari. 2023. Unggah-Ungguh Dalam Etika Jawa Sebagai Pedoman Interaksi Sosial Antara Santri Dengan Kiai Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Kabupaten Rembang. Journal of Indonesian Social Studies Education 1 (1),.

Musyafak, Najahan. 2023. Kyai Petani; Model Komunikasi dan Inovasi Pondok Pesantren. Penerbit Lawwana.

Hasan, Muhammad. 2015. Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 23 (2), 296-306,.

Duriat, H Masduki. 2021. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bemutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.

Bukhori, Imam. 2020. Keberterimaan dalam Keberagaman. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 6 (2). 172-192.

Abdullah, Cholid. 2014. Tradisi Pesantren Sebagai Pusat Peradaban Muslim Nusantara. Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat.

Satria, Rengga. 2019. Tradisi Intelektual Pesantren: Mempertahankan Tradisi di Tengah Modernitas. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian 7(2), 177-194.

Karianto, Hendi. 2019. Peran Pondok Pesantren dalam Masyarakat Modern. Jurnal Pendidikan “Edukasia Multikultura” 1(1).

Imam Syafe’i. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1). 61-82.




DOI: https://doi.org/10.15548/h.v18i2.10744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License