SULTAN DAN ISLAM (PERAN KESULTANAN JAMBI DALAM ISLAMISASI DI KERINCI)

Deki Syaputra ZE

Abstract


Islam sebagai agama dan identitas kemelayuan masyarakat Jambi, sudah tumbuh dan berkmbang semenjak abad ke 15 M. Namun baru abad ke 17 Islam menunjukkan wujudnya dengan terbentuknya sistem kesultanan pada Kerajaan Jambi dan rajanya juga berubah gelar menjadi sultan. Begitu juga halnya dengan Islam di Dataran Tinggi Jambi yaitu Kerinci juga tak luput dari perkembangan Islam khususnya pengaruh dari Kesultanan Jambi. Tulisan ini bertujuan untuk melihat peran atau kontribusi Sultan Jambi dalam islamisasi di Kerinci, dengan menggunakan metode penelitian sejarah dan pendekatan filologi serta kodikolofi. Sehingga dapat diketahui bahwa banyaknya surat yang dikirim oleh pihak Kesultanan Jambi khussunya apada abad ke-18 M, tentang penguatan hukum syarak di Kerinci yakni meninggalan ajaran pra Islam dan menghubungkan hukum depati dengan hukum Islam.

Full Text:

PDF XML PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/h.v14i1.1376
Abstract views : 2548 times
PDF : 344 times XML : 1518 times PDF : 447 times

References


Ali, Yunasri dkk,. 2005. Adat Basandi Syara’ Sebagai pondasi Membangun Masyarakat Madani di Kerinci. Kerinci: STAIN Kerinci Press.

Azra, Azzumardi. 1992. Jaringan Ulama Timut Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII:Melacak Akar-akar Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.

Chatib, Adrianus. 2011. Kesultanan Jambi Dalam Konteks Sejarah Nusantara, Jakarta: Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Cholif, Muchtar Agus. 2009. Timbul Tenggelam Persatuan Wilayah Liak XVI Tukap Tuhut di Bumi Undang Tambang Teliti. Jambi: [t.p].

Scholten, Elsbeth Locher.2008. Kesultanan Sumatra dan Negara Kolonial (Hubungan Jambi-Batavia (1830-1907) dan Bangkitnya Imperialisme Belanda. Jakarta: Banana KITLV.

Kozok, Uli. 2006. Kitab Undang-Undang Tanjung Tanah Naskah Melayu Yang Tertua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

L. Thomas, Lynn (ed.). 1985. Change and Continuity in Minangkabau: Local, Regional and Historical Perspectives on West Sumatra. Ohio Univesity.

Lindayanti, dkk.,. 2013. Jambi Dalam Sejarah 1500-1942. Jambi: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Rafif dan M. Fauzi. 2017. Jalur Rempah dan dinamika Masyarakatnya Abad X-XVI Kepulauan Banda, Jambi, dan Pantai Utara Jawa. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud.

Schrieke, B. J. O,. 1955. Indonesia Sociological Studies, Part One. Den Haag dan Bandung: Van Hoeve.

Tjandrasasmita, Uka. 1986. Arkeologi Islam Nusantara. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Voorhoeve, P. 1942. Tambo Kerinci Salinan Tulisan Jawa Kuno, Incung dan Melayu Disimpan Sebagai Pusaka Di Kerinci, Leiden: [t.p,].

Artikel Jurnal

Tjoa-Bonatz, Mai Lin. ‘The Megaliths and the Pottery: Studying the Early Material Culture of Highland Jambi’. Dalam Dominik Bonatz, dkk,. 2009. From Distant Tales: Archaeology and Ethnohistory in the Highlands of Sumatra. Cambbridge Scholars Publishing.

Watson. ‘Islamization in Kerinci’. Dalam L. Thomas, Lynn (ed.). 1985. Change and Continuity in Minangkabau: Local, Regional and Historical Perspectives on West Sumatra. Ohio Univesity.

Yulita, ona dan ZE, Deki Syaputra. 2019. ‘Islamisasi di Kerajaan Jambi’. Jurnal Istoria 3 (2) Sptember. http://istoria.unbari.ac.id/index.php

Zami, Rahyu. 2019. Orang Melayu Pasti Islam: Analisis Perkembangan Peradaban Melayu. Jurnal Islamika 2 (1): 66-81. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php

Prosiding/Conference Paper

Ramli, Thahar. Anak K A (Pulau tengah Pusat Kegiatan Islam di Kerinci). Laporan Penelitian Dosen Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri padang 2004.

Zarif, Muhammad Mustaqim Mohd. 2011. Satu Melenium Islam Di Nusantara: Tinjauan Sosio-Sejarah. Dalam Kertas pembentangan konvensyen, di bentangkan dalam Konvensyen Wasatiyyah Sempena ! Melinium Islam di Nusantara pada 9-11 Juni 2011 di Putrajaya anjuran University Sais Islam Malaysia (USIM) dan Nadi Dialog Malysia dengan kerja sama JAKIM.https://pdfslide.net/documents/satu-milenium-islam-di-nusantara-tinjauan-sosio-sejarahpdf.html

Disertasi, Skripsi atau Tesis

Ridwan. 2016. Islamisasi di Jambi Abad XIII M. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://docplayer.info/53251357-Islamisasi-di-jambi-abad-xiii-m.html.

ZE, Deki Syaputra. 2013. ‘Islamisasi di Wilayah Alam Kerinci (Studi Terhadap Naskah Surat dan Piagam)’. Skripsi Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN Imam Bonjol Padang. 2019. Pesisir dan pedalaman: Hubungan Kerinci dengan Jambi dan Indrapura dari tahun 1850 hingga 1921 M. Tesis Prodi Ilmu Sejarah PPS Universitas Andalas.

Naskah Kuno/Manuskrip

Naskah Ini Sejarah Kerajaan Jambi yang ditulis oleh Ngabihi Shuto Dilogo.

Naskah Surat Piagam Sultan Mas’ud Badaruddin untuk depati empat delapan helai Kain di Alam Kerinci.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License