ANALISIS NASKAH SURAH AN-NAML AYAT 91-93 KAJIAN FILOLOGIS

Nazhiratul Khairat

Abstract


Kajian naskah atau karya-karya tulisan masa lampau merupakan kajian yang mampu menginformasikan sebuah pikiran dan perasaan mengenai berbagai segi kehidupan yang ada, termasuk naskah keagamaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi fisik naskah dan mencoba menerjemahkan naskah Surah an-Naml ayat 91-93. Dari penelitian ini penulis berharap dapat memberikan pemahaman kepada pembaca bagaimana kondisi dan isi dari naskah surah al-Naml karangan Abdul Latif asy-Syukri, agar dapat membantu sebagai tambahan data naskah nusantara yang tersebar di seluruh Indonesia dan sebagai salah satu bentuk penerapan Ilmu Filologi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian filologi yaitu pengumpulan naskah dan kritik teks. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui kondisi fisik naskah yang masih baik dan dapat dibaca. Tempat penyimpanan naskah ini terdapat dalam koleksi Bapak Apria Putra, MA. Hum. Seorang Dosen Filologi IAIN Bukittinggi. Teks ini bertuliskan huruf Arab. Teks ini dikarang oleh Abdul Latif asy-Syukri, dibuat pada Hari Senin 24 Rajab 1373 H/ 29 Maret 1953 di Jambak, Nagari Koto Tinggi. Naskah ini mengandung tafsir Surah an-Naml ayat 91-93, yaitu kisah-kisah dan perbandingan antara sikap Musyrikin Makkah dengan Musyrikin yang telah lenyap oleh umat terdahulu. Lalu tentang aqidah, yaitu beriman kepada Allah, beribadah kepada Allah, beriman kepada hari akhir, beriman kepada al-Qur’an dan meyakini segala daya dan kekuatan hanyalah milik Allah


Abstract views : 204 times

References


Fathurrahman, Oman. 2010. Filologi dan Islam Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Hamka. 1975. Tafsir al-Azhar Juzu’ XX. Surabaya: Latimojong.

Ibrahim, Arif, dkk. 2018. Kontribusi Penelitian Filologi terhadap Perkembangan Studi Keislaman. Jurnal Humanika, Vol. 25 No. 2.

Quthb, Sayyid .2000. Tafsir Fi Zhilalil-Qur’an. Depok: Gema Insani.

Surahman, dkk. 2018. Analisis Naskah Sureq Makelluqna Nabittaq ditinjau dari Aspek Filologi. Jurnal Ilmu Budaya, Vol 2, No. 2.

Supartinah, dkk. 2005. Penelitian Filologi sebagai Usaha penyelamatan Naskah Jawa. Jurnal Pelita, Vol 1 No. 1.

Syarifuddin. 2012. Kitab al-Siyam dalam Naskah Syarh Minhaj al-Talibin Karya Jalaluddin al-Mahalli. Makassar: UIN Alauddin.

Yasin, Dhimas Muhammad. 2016. Digitalisasi dan Deskripsi

Naskah Kuno sebagai Upaya Memperkokoh Kedaulatan

Indonesia: Studi Kasus Naskah al-Mutawassimin. Vol 2 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License