KONTRIBUSI HALAL CENTER WINAI DAHLAN TERHADAP KERAJAAN THAILAND

Wulandari Nurul Utami, Jupri Jupri

Abstract


Jurnal ini mengkaji tentang kontribusi Halal Center yang dipelopori oleh Winai Dahlan selaku tokoh muslim yang berpengaruh di Thailand. Halal Center merupakan pusat dan lembaga penguji kehalalan industri yang didirikan oleh Winai Dahlan di Universitas Chulalongkorn Bangkok dengan tujuan untuk menjaga standar halal di Thailand. Metode penulisan jurnal ini yaitu metode penelitian sejarah yang bertumpu pada empat tahap yakni heuristik, kritik sumber, interpretasi juga historiografi. Sejak 1994 Halal Center sudah menjadi lembaga penjamin halal yang memberikan kontribusi besar kepada pemerintah kerajaan Thailand. Dengan adanya Halal Center itu pemerintah kerajaan Thailand mulai maju baik dari segi pendidikan, ekonomi, pariwisata begitu juga dengan agama.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/h.v16i2.4841
Abstract views : 151 times
PDF : 84 times

References


By Suara Muhammadiyah. 2022. “Winai Dahlan dan Muhammadiyah Thinking School”, http://suaramuhmmadiyah.id/2019/05/21/winai-dahla-dan-muhammadiyah-thinking-scool/amp/. [Diakses 19 Nov. 2021]

Denyingyhot, Anat. dkk. 2017. Simultaneous Detection of Three Forbidden Animals (Porcino, Cinine, And Rat) In Halal Food By Using High Resulution Melting Analysis, Bangkok: Chulalongkorn University.

Fawzi, Marrisa Grace Haque. Dkk. 2018. Jawa dan Halal di Thailand. Yogyakarta: Al-Wasath Publishing House.

Kartodirjo, Sartono. 1993 Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

Prasojo, Zaenuddin Hudi. Dkk. 2019. Pembangun an Kapasitas Riset, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat, Catatan Akademik dari Bangkok. Pontianak: Publisher IAIN Pontianak Press Anggota IKAPI, Pontianak Kalimantan Barat.

Pratama, Fajar. 2021. “Wianai Dahlan Pelajari Akar Keluarganya”, https://www.umy.ac.id/winai-dahlan-pelajari-akar-keluarganya. [Diakses 19 Nov. 2021]

Prasojo, Zaenuddin Hudi. Dkk. 2019. Pembangun an Kapasitas Riset, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat, Catatan Akademik dari Bangkok. Publisher IAIN Pontianak Press Anggota IKAPI, Pontianak Kalimantan Barat.

Sanurdi. Islam di Thailand. 2016. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Thohir, Ajid. 2004. Perkembangn Peradaban di Kawasan Dunia Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nazirah, Syaripah. dkk. 2015 War Peranan Jawatankuasa Pusat Islam Thailand Isu-isu Kepenggunan Halal di Thailand. Selangor: Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (KUIS).

Sijabat, Barus Harianto. 2020 Politik Pembangunan Wisata Muslim di Thailand (Strategi Kebijakan Pemerintah Thailand Terkait Wisata Muslim di Thailand). Medan: Departemen Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Dwijayadi, Dawud Kusuma. 2017. “Businnes As Usual atau Businnes For Political Purpose Motif Pengembangan Pariwisata Halal di Thailand program studi Hubungan Internasional Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License