JEJAK ISLAM DI HIMALAYA: Kedatangan dan Kebangkitan Islam di Nepal

Muhammad Alhuzaini

Abstract


Artikel ini akan menjelaskan tentang potret kedatangan dan perkembangan Islam di kawasan Asia Selatan, khususnya di negara Nepal, yang dulunya lebih dikenal dengan sebutan lembah Kathmandu. Nepal yang merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu juga memiliki populasi Muslim yang cukup besar, dengan keberagaman nasional yang terus berkembang dan semakin terlihat di mata dunia. Metode yang digunakan dalam mengulas artikel ini adalah metode historis dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, yaitu mengumpulkan beberapa sumber tertulis dalam berbagai jurnal, kemudian mengulasnya dalam bentuk artikel. Hasil dari artikel ini akan memberikan gambaran umum mengenai sejarah awal kedatangan Islam di Nepal dan populasi Muslim Nepal, perkembangan Islam di Nepal sebelum dan sesudah kemerdekaan, dilanjutkan dengan gambaran singkat mengenai perubahan identitas agama dan politik Nepal baru-baru ini, kemudian melihat beberapa aspek terutama identitas Muslim, toleransi Hindu-Muslim, dan kebangkitan Islam. Hal ini diikuti dengan diskusi tentang organisasi-organisasi Muslim di Nepal.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/h.v18i1.9498
Abstract views : 34 times
PDF : 20 times

References


A’unillah, M. Fairuz. “Perubahan Sistem Pemerintahan Negara Nepal.” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2010.

Ansari. “Muslims of Nepal, A Profile.” The Universal Message Islamic Research Academy Vol. 3, No (1981).

Ansari, Tahir Ali. “The Muslim minority in Nepal: a socio‐historical perspective.” Institute of Muslim Minority Affairs. Journal Vol. 9:1, (2014). http://www.tandfonline.com/action/showCitFormats?doi=10.1080/02666958808716066.

Banu, Q. “Introduction to Muslim in Nepal.” Department of History, Tribhuvan .University, 1980.

Benton, William. “Encyclopedia Britanica, (Chicago-London-Toronto-Genewa-SydneyTokyo.” Encyclopedia Britanica Inc vol 12 (2021): 122.

Consing, Arturo. “The Economy of Nepal.” IMF Eliblary 10, no. 3 (1963).

Devanka, Varel, Adryamarthanino, dan Widya Lestari Ningsih. “Sejarah Kerajaan Nepal hingga Menjadi Negara Republik.” In kompas.com, 2022.

Haque, Md. Mozammil. “Islam In Nepal.” islaminnepal.wordpress.com, 2009. https://islaminnepal.wordpress.com/.

J.C, Regmi. Lichhavi Sanskriti Kathmandu. Kathmandu: Ratna Pustak Bhandar, 2020.

M.Kitagawa, Josep. The Religious of Traditions of Asia. London: Routledge, 2022.

Ojha, Niranjan. “INTER-RELIGIOUS HARMONY BETWEEN HINDU MUSLIM GROUPS IN NEPAL.” Interdisciplinary Journal of Management and Social Sciences Vol. 2, No (2021).

Penulis, Tim. “education system in nepal, Nepal, sistem, sistem pendidikan, sistem pendidikan di nepal.” Shalaaz, 2022. https://www.shalaazz.com/bagaimana-sistem-pendidikan-di-nepal-saat-ini/.

Prinada, Yuda. “Profil Negara Nepal: Letak Geografis, Peta, dan Agama Mayoritas.” tirto.id/gAFt, 2023.

RIZQA, HASANUL. “Jejak Syiar Islam di Nepal.” REPUBLIKA.ID, 2022.

Shiwakoti, G. Constitution of Nepal. Kathmandu: Pairavi Prakashan, 2015.

Sijapati, Megan Adamson. “Muslims in Nepal: The Local and Global Dimensions of a Changing Religious Minority.” Religion Compass 656–665, 1 (2011).

Thapa. “Caste Hierarchy: The inter-ethnic stratification in the Muslim society of Nepal.” Tribhuvan University Journal Vol.13 (1995).

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License