EKSISTENSI GERAKAN HTI MASA PEMBAHARUAN DAN PASCA PEMBUBARAN DIKALANGAN MAHASISWA

Yulita Yulita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberadaan Gerakan Dakwah Hisbut Tahrir pada masa pembaharuan dan setelah pembubaran yang terfokus pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh ormas Hisbut Tahrir dalam mempertahankan identitasnya di kalangan mahasiswa baik mahasiswa kampus islam maupun kampus umum. Kemungkinan ada tiga kegiatan yang dilakukannya, pertama halaqoh kitab dan Nafsiyah. Kedua, pembagian Bulletin Kaffah, pengontakan atau perekrutan anggota baru. Ketiga, media online yang membahas tentang isu-isu hangat yang sedang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis kepustakaan. Data-data dikumpulkan melalui literature yang diperoleh dari perpustakaan dan internet. Hasil dari penelitian mengatakan bahwa keberadaan HTI pasca pembubaran dikalangan mahasiswa masih terus berkelanjut meski HTI di Indonesia telah dibubarkan akan tetapi tidak ditemukan kegiatan HTI pasca pembubaran yang mengarah pada tindakan yang dapat membahayakan keutuhan NKRI.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/h.v18i1.9504
Abstract views : 5 times
PDF : 1 times

References


Aisyah, S. (2019). Halaqah: Media Komunikasi, Publikasi Eksistensi Hizbut Tahrir Indonesia Sebelum Dan Pasca Pembubaran. Asyahid Journal Of Islamic And Quranic Studies (Ajiqs), 1(1).

Ahmad Subakir, Ahmad Khoirul Mustamir. “Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia Institut Agama Islam Tribakti Kediri, Indonesia 1.” Www.Ejournal.Iai-Tribakti.Ac.Id/Index.Php/Tribakti Permanent 31 (2020): 187–201.

Alhidayatillah, Nur. “Pembaharuan Pemikiran Dalam Islam.” An-Nida’ 42, no. 1 (2018): 87–100. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/9340.

Arif, Syaiful. “Pandangan Dan Perjuangan Ideologis Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Dalam Sistem Kenegaraan Di Indonesia.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 7, no. 1 (2016): 93–104. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v7i1.1282.

Asyari, Suaidi. “Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam Di Indonesia.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 35, no. 2 (2011): 295–313. https://doi.org/10.30821/miqot.v35i2.145.

Azman Azman. “5329-Article Text-12634-1-10-20180716” 7, no. 1 (2018): 99–113.

FATLAHAH, ANIEK. “Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk 4.” Донну 5, no. December (2015): 118–38.

Firdaus, M. “Pola Komunikasi Aktivis Hizbut Tahrir Dalam Mengembangkan Dakwah Islam.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 2018. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/5670.

Lubis, M. Ridwan. “Pembaharuan Pemikiran Islam : Dasar,Tujuan, Dan Masa Depan.” Ilmu Ushuluddin 5, no. 2 (2016): 223–46.

M Azzam Manan. “Pemikiran Pembaruan Dalam Islam: Pertarungan Antara Mazhab Konservatif Dan Aliran Reformis.” Masyarakat Indonesia, no. 2 (2021): 187–207. http://ejournal.lipi.go.id/index.php/jmi/article/view/653.

Ma, Liran, Jianbin Luo, 桑原信弘, Takuya Hiramoto, Yasushi Onumata, Yoshitaka Manabe, Hiromitsu Takaba, et al. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology 224, no. 11 (2019): 122–30.

Muazaroh, Siti. “Pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia Perspektif Maqashid: Otoritas Atau Otoritarianisme.” Justicia Islamica 16, no. 1 (2019): 103–20. https://doi.org/10.21154/justicia.v16i1.1622.

Multikultural, Jurnal. “1 Issn 1412-663x” VIII, no. 31 (n.d.).

Nadialista Kurniawan, Risyad Arhamullah. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Industry and Higher Education 3, no. 1 (2021): 1689–99. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288.

Qohar, Abd, and Kiki Muhamad Hakiki. “Eksistensi Gerakan Idiologi Transnasional HTI Sebelum Dan Pasca Pembubaran.” Kalam 11, no. 2 (2017): 365–96. https://doi.org/10.24042/klm.v11i2.1403.

Rizki, Mochamad Faizal. “Deradikalisasi Pengikut Hizbut Tahrir Indonesia Pasca Terbitnya Perppu No.2 Tahun 2017 Tentang Ormas.” Jurnal Politikom Indonesiana 3, no. 1 (2018): 164.

Rouf, A. “Hizbut Tahrir: Pemikiran Dan Pergerakan Sosial-Politik Di.” Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula 7 (2022): 175–89.

Saefullah, Asep. “MEMBANGUN PERADABAN DUNIA YANG DAMAI: PENTINGNYA PEMBAHARUAN ISLAM DAN ‘KEARIFAN’ BARAT (Tinjauan Buku ‘Masa Depan Islam’ Karya John L. Esposito).” Harmoni 11, no. 1 (2012): 147–54. https://doi.org/10.32488/harmoni.v11i1.238.

Setia, Paelani. “Kekhilafahan_Islam_Globalisasi_dan_Gerilya_Maya_St.Pdf” 9 (2021): 241–64. https://doi.org/10.21043/fikrah.v8i1.

Shobron, Sudarno. “Model Dakwah Hizbut Tahrir.” Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta 15, no. 1 (2014): 44–62. https://scholar.google.com/scholar?start=30&q=teologi+hizbut+tahrir&hl=id&as_sdt=0,5#:~:text=Shobron%2C S. (2014). Model Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia.

Sosial, Al-tadabbur Kajian. “Pengertian Modern, Latar Belakang Muncul Dan Berkembangnya Pembaharuan Dalam Islam.” Al-Tadabbur: Kajian Sosial, Peradaban, Dan Agama 8, no. 1 (2022): 93–111. http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.

Sultan, Iain, and Amai Gotontalo. “Sejarah Pembaruan Islam Di Indonesia Rifki Abror Ananda A . Pendahuluan Secara Teologis Islam Merupakan Sistem Nilai Dan Ajaran Yang Bersifat Ilahiah ( Transenden ). Dalam Posisi Ini Islam Merupakan Pandangan Dunia ( Weltanschaung ) Yang Memberikan “ Kaca” 2, no. 1 (2019): 19–40.

Uswatusolihah, Uus, and Sangidun Sangidun. “Interaksi Sosial Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia (Mhti) Pasca Pembubaran.” YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak 13, no. 2 (2018): 349–69. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2018.pp349-369.

Yunarman, Sepri, Nurul Fhadilah, and Ali Akbarjono. “GERAKAN SOSIAL EKS HIZBUT TAHRIR INDONESIA PASCA PEMBUBARAN (Studi Kasus Di Bengkulu).” Jurnal Sosiologi Nusantara 8, no. 1 (2021): 59–84.

Zulfadli, Zulfadli. “Orientasi Politik Aktivis Eks Hizbut Tahrir Indonesia Pasca Dibubarkan.” Kontekstualita 33, no. 02 (2018): 169–89. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v35i02.133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License