Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teachinng And Learning

Irfan Fitriadi

Abstract


Penerapan pembelajaran menyenangkan dan bermakna sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Hasil observasi awal di MAN 1 Sumbawa Barat menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media TTS Daring. Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan CTL terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna sehingga aspek kreativitas dan hasil belajar siswa meningkat. Hasil kreativitas siswa pada Siklus I rata-rata 68,8% dan terjadi peningkatan pada Siklus II dengan rata-rata 87,5%. Hasil belajar pada Siklus I diperoleh ketuntasan 21 siswa atau 75%, sedangkan pada Siklus II terjadi peningkatan ketuntasan menjadi 26 siswa atau 92,85% dengan peningkatan 17,15%. Disimpulkan bahwa Pendekatan CTL berbantuan media TTS Daring dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Abstract views : 219 times
PDF : 101 times

References


anonim. (2015). Eclipse Crossword : Aplikasi pembuat TTS sebagai media pembelajaran. http://qishi21.blogspot.com/2015/03/eclipse-crossword-aplikasi-pembuat-tts.html, diakses tanggal 3 Maret 2022

Arikunto, S. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Armalia Febrinita, H. &, & Nurmalisa, Y. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pengayaan Berbentuk Tekateki Silang (TTS) Terhadap Kreativitas Siswa.

Depdiknas. (2013). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen, Didasmen, Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama.

Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N. P. (2017). Penggunaan Teka-Teki Silang Sebagai Sebagai Strategi Pengulangan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Kelas Xi Ips. Jurnal Pelangi, 9(2), 71–78. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2047

Fadhilah, Z., Effendi, M., & Ridwan. (2017). Analysis of contextual teaching and learning ( CTL ) in the course of applied physics at the mining engineering. 1(1), 25–32. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5106

Hamdani, A. (2002). Pengembangan Kreativitas. Jakarta: Pustaka As-Syifa.

Istijabatun, S. (2012). Pengaruh pengetahuan alam terhadap pemahaman matapelajaran kimia. 323–329.

Johnson, E. (2013). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center.

Kemedikbud. (2013). Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2011). Peta Konsep PTK (Issue Jakarta: Kemendikbud).

Permendikbud No.24, Pub. L. No. 24 (2016).

Komalasari, K. (2012). The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Students ’ Civic Skills. 4(229), 179–190.

Mudlofir, A. (2012). Pendiidk Profesional; Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mundandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mursilah. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. 1(1), 37–47.

Poerwandar, B. H., Asmaningrum, J., & Marlissa, I. (2019). The Effect of Learning Models CTL Assisted By Crossword Puzzle on Chemistry Learning Outcomes. Jurnal Zarah, 7(2), 40–45.

Prasetya, A. T., & Priatmoko, S. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 287–293.

Pujiati, Ermaita, & Pargito. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. 4(1), 81–89.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rete, A., Nirmalasari, M. Y., & Ware, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran TTS Kimia Pada Materi Tata Nama Senyawa. SPIN Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1). https://nusanipa.ac.id/spin/index.php/spin/article/download/6/6

Rezeki, R., Nurhayati, N., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 74–81.

Saronom, S., & Neeta Sri Debora, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid. 7(April).

Silberman, M. (2013). Active Learning. Massachusetts: Simon & Schuster Company.

Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sucianingtyas, R., Sugiharto, S., & Utomo, S. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Tts) Dengan Kartu Pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas Viii Smp N 2 Ngadirojo. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(3), 68–76.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Trianto. (2017). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.