Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teachinng And Learning
Abstract
Full Text:
PDFAbstract views : 219 times
PDF : 101 times
References
anonim. (2015). Eclipse Crossword : Aplikasi pembuat TTS sebagai media pembelajaran. http://qishi21.blogspot.com/2015/03/eclipse-crossword-aplikasi-pembuat-tts.html, diakses tanggal 3 Maret 2022
Arikunto, S. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Armalia Febrinita, H. &, & Nurmalisa, Y. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pengayaan Berbentuk Tekateki Silang (TTS) Terhadap Kreativitas Siswa.
Depdiknas. (2013). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen, Didasmen, Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama.
Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N. P. (2017). Penggunaan Teka-Teki Silang Sebagai Sebagai Strategi Pengulangan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Kelas Xi Ips. Jurnal Pelangi, 9(2), 71–78. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2047
Fadhilah, Z., Effendi, M., & Ridwan. (2017). Analysis of contextual teaching and learning ( CTL ) in the course of applied physics at the mining engineering. 1(1), 25–32. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5106
Hamdani, A. (2002). Pengembangan Kreativitas. Jakarta: Pustaka As-Syifa.
Istijabatun, S. (2012). Pengaruh pengetahuan alam terhadap pemahaman matapelajaran kimia. 323–329.
Johnson, E. (2013). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center.
Kemedikbud. (2013). Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2011). Peta Konsep PTK (Issue Jakarta: Kemendikbud).
Permendikbud No.24, Pub. L. No. 24 (2016).
Komalasari, K. (2012). The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Students ’ Civic Skills. 4(229), 179–190.
Mudlofir, A. (2012). Pendiidk Profesional; Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mundandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mursilah. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. 1(1), 37–47.
Poerwandar, B. H., Asmaningrum, J., & Marlissa, I. (2019). The Effect of Learning Models CTL Assisted By Crossword Puzzle on Chemistry Learning Outcomes. Jurnal Zarah, 7(2), 40–45.
Prasetya, A. T., & Priatmoko, S. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 287–293.
Pujiati, Ermaita, & Pargito. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. 4(1), 81–89.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rete, A., Nirmalasari, M. Y., & Ware, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran TTS Kimia Pada Materi Tata Nama Senyawa. SPIN Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1). https://nusanipa.ac.id/spin/index.php/spin/article/download/6/6
Rezeki, R., Nurhayati, N., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 74–81.
Saronom, S., & Neeta Sri Debora, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid. 7(April).
Silberman, M. (2013). Active Learning. Massachusetts: Simon & Schuster Company.
Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sucianingtyas, R., Sugiharto, S., & Utomo, S. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Tts) Dengan Kartu Pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas Viii Smp N 2 Ngadirojo. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(3), 68–76.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Trianto. (2017). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.