Failed to fetch OJS Article Content. Penguatan Moderasi Beragama Sebagai Wujud Tranformasi Pendidikan Islam Di Lembaga Pendidikan | Safuan | JSG: Jurnal Sang Guru

Penguatan Moderasi Beragama Sebagai Wujud Tranformasi Pendidikan Islam Di Lembaga Pendidikan

Mhd Safuan

Abstract


Lembaga pendidikan sebagai sebuah institusi yang bertanggung jawab membangun peradaban manusia untuk menciptakan perubahan yang lebih baik. Pendidikan bukan semata mentransfer keilmuan belaka, namun ia merupakan sebuah proses membangun kepribadian setiap individu. Studi ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi pendidikan Islam berdasarkan pendekatan nilai. Studi ini menggunakan metode telaah pustaka melalui proses editing, pengolahan, dan temuan hasil. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu: 1. Penguatan moderasi agama bisa dijadikan sebagai alternatif baru terhadap transformasi pendidikan Islam berbasis nilai dan keteladanan di lembaga pendidikan manapun. 2. Lembaga pendidikan tidak hanya memperioritaskan kecerdasan kognitif belaka namun penting untuk menerapkan keteladanan. 3. Penguatan moderasi beragama dapat dikembangan mulai dari sekolah tingkat dasar hingga ke perguruan tinggi. Oleh sebab itu perlu dilakukan penguatan moderasi beragama melalui pendekatan 3T yakni tranformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai.. Penguatan moderasi agama menjadi penting untuk diterapkan agar menjadi alternatif untuk memfilter pengaruh dari kaum radikalis.

Full Text:

PDF

Abstract views : 533 times
PDF : 280 times

References


Arief Efendi. 2008. Peran Startegis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 1.

Arif Rohman. 2011. Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. LaksBang Mediatama.

Babun Suharto. 2019. Moderasi Beragama Dari Indonesia untuk Dunia. Yogyakarta: LKIS.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qurᾱn Dan Terjemahannya.

E. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta:

Edy Sutrisno. 2019. Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam. Vol. 12. No. 2. Desember

Fahri dan Ahmad. 2019. Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, Vol. 25. No. 2. Desember.

Harin dan Ashif. 2020. Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran Fiqih di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Based Learn. Jurnal JIPIS.Vol. 29, No. 1.

Heri Gunawan, dkk. 2021. Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Islamic Religion Teaching & Learning Journal. Vol. 6. No. 1.

Iffati Zamimah. 2018. Islam dalam Konteks Keindonesiaan. Jurnal Bimas Islam. Vol. 1 No. 1, Juli

Inanna. 2018. Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 1. No. 1. Januari.

Kementerian Agama RI. 2019. Tanya Jawab Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang.

Lukman Hakim. 2010. Internalisasi Nilai-nilai Ajaran Islam. Tesis Magister Ilmu Agama tidak diterbitkan, UMM, Malang.

M.Quraish Shihab. 2019. Wasaṭiyyah, Wawasan Isam tentang Moderasi Beragama. Jakarta: Lentara Hati.

Mas’ud. 2009. Menyikapi Keberadaan Aliran Sempalan. Dialog; Jurnal Penelitian dan Kajian Keagamaan. No. 68, Tahun XXXII, Nopember.

Muhammad Alim. 2011. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmad Mulyana. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Sitti Chadidjah, dkk. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI. jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 6. No. 1. Juni.

Syaiful Sagala. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Tim Kementerian Agama RI. 2019. Penguatan Moderasi Beragama di Tahun 2020-2024. Jakarta:

https://jendelanasional.id/headline/bnpt-guru-dapat-menjadi-pintu-masuk-paham radikalisme/ (diakses pada tanggal 27/05/2022, pada pukul 10:21)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.