Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru

Eka Chandra Oktaviani

Abstract


Guru Madrasah merupakan aspek penting yang memiliki peran penting dalam keberhasilan pendidikan dimadrasah. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Penelitian ini menggunakan metode tipe Pre-Eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pretest, diberi suatu treatment dan kemudian diberikan posttest. Keberhasilan treatment ditentukan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Penelitian menemukan adanya peningkatan hasil program PBK di MGBK MTS Kabupaten Bandung dengan T-test 0,0000 dan Efect Size 1,8358. Dalam hal ini peneliti menyimpulkan adanya efektivitas program PKB dalam meingkatkan kompetensi professional di MGBK MTS Kabupaten Bandung. Dari hasil tersebut drekomendasikan program PKB untuk dilanjutkan dengan merealisasikan kriteria-kriteria yang belum tercapai, karena program pengembangan keprofesian berkelanjutan bertujuan pada terpenuhinya pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui kelompok kerja yang dilakukan secara continyu agar sumberdaya manusia dan kompetensi guru madrasah meningkat dengan memberdayakan Kelompok kerja.

Full Text:

PDF

Abstract views : 698 times
PDF : 537 times

References


Bustami. (2009). Pengaruh Pengembangan Profesionalisme Guru SMP Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Aceh Timur. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dede Rahman, Aip Badrujaman. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Chalia Indonesia.

Depdiknas. (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta, Indonesia.

Depdiknas. (2008). Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal. Jakarta: Kementrian Pendidikan .

Depdiknas. (2016). Panduan Operasional Pelenyelenggaraan BK SMP. Jakarta: Kemendikbud.

Kemenag. (2017). Hand out: Pedoman Progran Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik.

Kemenag. (2018). PMA Nomor 38 tahun 2018 tentang program PKB.

Kemendikbud. (2009). Permendiknas No. 27 Tahun 2009 Tentang Standart Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Kemendiknas.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling. Kemendikbud.

Kemendiknas. (2010). Pedoman Pengelolaan Pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jakarta: Direktur Jendral PMPTK.

Nurdyansyah, Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizania Learning Center.

Permendiknas. (2007). Undang-undang Nomor 16 Tahun 2007. Jakarta: Indonesia.

Roestiyah. (2004). Metode Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedurnya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sarwono. (2013). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: IKAPI.

Tanang & Abu. (2014). Teacher professionalism and professional development practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25


Refbacks

  • There are currently no refbacks.