Faktor-Faktor Penyebab Problematika Guru Madrasah Riset dan Solusinya sebagai Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Yuliadi - Yuliadi

Abstract


Ketidaksesuaian latar belakang pendidikan dan tidak tersedianya buku teks Madrasah Riset menjadi problematika bagi guru Madrasah Riset di MTsN Dharmasraya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor penyebab problematika guru mata pelajaran Madrasah Riset dalam proses pembelajaran serta solusinya sebagai peningkatan kualitas pembelajaran. Metode kualitatif dengan menggunakan teknik Purposive Sampling digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui panduan wawancara semi-terstruktur dan pedoman observasi. Pengolahan datanya melalui tematik analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa faktor-faktor penyebab problematika yang dialami oleh guru Madrasah Riset di MTsN Dharmasraya. Faktor tersebut adalah Faktor internal; guru kurang menguasai materi Madrasah Riset, strategi pemebelajaran guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah. Faktor eksternal, yaitu belum adanya ketersediaan buku teks dan sebagian kelas tidak kondusif. Di samping itu, rendahnya kesejateraan bagi guru honorer. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab problematika ini, diharapkan adanya buku teks Madrasah Riset serta penyediaan pelatihan atau lokakarya bagi guru Madrasah Riset.

Full Text:

PDF

Abstract views : 372 times
PDF : 105 times

References


Agung, Iskandar. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Dewi, Tri Kusumawati. (2020). Implementasi Program Madrasah Riset dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Guru dan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan. Skripsi. Prodi Menejemen Pendidikan Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakulatas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fikri, M. Bakhtiar Huda. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Berbasis Riset Studi Kasus di MAN 2 Kudus. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Glennon, Catherine, et al. (2013) School-Based Research. Journal of Compilation. International Mind, Brain and Education Society. Blackweel Publishing.Inc.

Hanik, Umi. (2011). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Semarang: RaSAIL.

Hidayati, Umu. (2019). Inovasi Madrasah Melalui Penyelenggaraan Madrasah Riset. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17(3), 2019:238-255).

https://kemenag.go.id/read/menteri-agama-luncurkan-program-madrasah-riset-nasional-ndjdd

https://pesantrenalihsanbe.or.id/berita/madrasah-aliyah-riset-dan-pesantren-/

Kementrian Agama Republik Indonesia. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6989 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Pembelajaran Riset di Madrasah.

Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upayah Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miles, et.al. (2014). Qualitative Data Analysis A methods source book. Edition 3. USA: SAGE Publications.Inc.

Nasution (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Rajasa, Sutan. (2002). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Karya Utama.

Sudjana, Nana. (1998). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Thoyib, Muhammad. (2021). MANAJEMEN MADRASAH RISET Kajian Teori dan Implementatif Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif di Indonesia. Yogyakarta: CV. Markumi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2005). Bandung: Nuansa Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005. Bandung: Citra Umbara.

Wibowo, Catur Hari. (2015). Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Tesis Tidak Dipublikasikan. IAIN Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.