Teori Konstruktivisme Piaget : Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis

Muhammad Asri Nasir

Abstract


Metode konstruktivisme menjadi salah satu metode yang banyak digunakan dalam menerapkan pembelajaran di dalam kelas. Salah satu tokoh teori konstruktivisme yang terkenal yaitu Jean Piaget. Penelitian ini akan menjelaskan proses implementasi teori konstruktivisme Piaget dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 3 Sleman –Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan data penelitian melalui hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi berupa catatan. Dalam pengimplementasian teori konstruktivisme Piaget, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 3 Sleman-Yogyakarta secara umum bisa berlangsung secara baik. Kegiatan dimulai dengan beberapa metode pembawaan materi seperti sesi diskusi kelompok, tanya jawab antar peserta didik maupun kepada guru. Dari proses pembelajaran yang diamati kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Jean Piaget dengan penekanan pada konsep asimilasi dan konsep akomodasi. Konsep tersebut merupakan kegiatan yang dialami peserta didik dalam menerima stimulus atau informasi agar mampu mengkonstruksi dan pengembangkan pengetahuan yang dimiliki.

Full Text:

PDF

Abstract views : 1007 times
PDF : 4534 times

References


Abdurrahmansyah. (2014). Kontribusi Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Sekolah. TA’DIB, XIX(01).

Afandi, M., Chamalah, E., & Puspita Wardani, O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Unissula Press.

Anugrah Indriani, S., & Suyadi. (2019). Strategi Guru PAI dalam Pembelajaran Hadits di SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Edukasi Islamika, 4(1). https://doi.org/10.28918/jei.v4i1.2055

Arikunto. (2013). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Giyanti, N. (2009). Pengembangan Pembelajaran Konstruktivisme pada Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Handayani, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Hendrowati, T. Y. (2015). Pebentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi Teori Konstruktivisme Piaget. JURNAL E-DuMath, 1(1), Art. 1.

Lokita Purnamika Utami, I. G. A. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. PRASI, 11(01).

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2020). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Purbo Waseso, H. (2018). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(01).

S. Suriasumantri, J. (2005). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Sholihah Al-Mahiroh, R., & Suyadi. (2020). Kontribusi Teori Kognitif

Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.353

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. Alfabeta.

Supardan, H. D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1).

Suparno, P. (2011). Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Erlangga.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.