Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru Di Era Digital

Sri Munianti

Abstract


Perkembangan teknologi digital saat ini sangat pesat, sehingga guru harus memiliki kualifikasi yang sesuai agar dapat menjalankan dan menunaikan tugasnya dengan baik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi guru yang dibutuhkan di era digital. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan. Alat pengumpulan data hanya menggunakan data sekunder atau data pendukung dari bacaan dan referensi yang berumur kurang dari 10 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kompetensi yang harus dikembangkan guru yaitu kompetensi pedagogik, komersialisasi teknologi, kompetensi globalisasi, pengembangan strategi masa depan, dan konsultan.

Full Text:

PDF PDF

Abstract views : 706 times
PDF : 1426 times PDF : 279 times

References


Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York: Mc Graw Hill.

Halim, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Teknologi Informasi dan Kominikasi Abad-21. 1–5.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.

Hatta, M. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. In Nizamia Learning Center.

Imania, K. A. N., & Munawar, I. (2019). Hybrid Learning Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Era Industri 4 . 0. Jurnal Petik, 5(2), 30–35.

Ismail, S., & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4 . 0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 198–209.

Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(3), 1–16.

Makori, E. O. (2017). Promoting innovation and application of internet of things in academic and research information organizations. Library Review, 66(8/9), 655–678. https://doi.org/10.1108/LR-01-2017-0002

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Muhammad,

M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Megawati, S., & Lawi, A. (2021). Pengembangan Sistem Teknologi Internet of Things Yang Perlu Dikembangkan Negara Indonesia. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology)1, 05, 19–26.

Mufidah, L. I. (2019). Tantangan Profesionalisme Guru PadaEra Glbalisasi. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknolog, 18(2), 175–186.

Nasrul, N., Hasnah, S., & Dzakiah, D. (2022). Kompetensi Guru Di Era Society 5 . 0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 116–120.

Noor, F. A. (2019). Kompetensi Pendidik Mi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Elementary, 7(2), 251–278.

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 03(01), 54–64.

Radinal, W. (2021). Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Di Era Disurpsi. Al-Fatih, 1(1), 9–22.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Sugiyanto, S., Ahyani, N., & Kesumawati, N. (2021). Teacher professionalism in digital era. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2), 586–590.

Suheri, A., Rosmawiah, Effrata, & Wisman, Y. (2020). Guru Profesional Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2), 278–291.

T, A. M., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1), 1–8.

Viktor, M., & Hakim, F. (2021). Teacher Professional Development Needs in Using Digital Technology for Quality of Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 907–912.

Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 364–370.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.