Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Era Reformasi 4.0 di Madrasah

Fachrurizal Bachrul Ulum, Khoirul Anwar, Linna Susanti, Umi Septina Anggraheni

Abstract


Proses pembelajaran akan berlangsung interaktif tergantung pada sosok guru sebagai pemberi pesan. Guru membutuhkan perantara yang menghubungkannya dengan peserta didik yaitu media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan media berbasis teknologi era revolusi industri 4.0 pada madrasah. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pustaka. Peneliti mengambil data dari telaah pustaka melalui buku, artikel, kajian ilmiah, serta tulisan-tulisan lainnya yang berkaitan dengan topik pembahasan. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik milik Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memparkan konsep media pembelajaran dan fungsinya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga menjabarkan mengenai inovasi-inovasi madrasah dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi 4.0.

Keywords


Media Pembelajaran, Teknologi 4.0, Madrasah

Full Text:

PDF 8-17

Abstract views : 120 times
PDF 8-17 : 163 times

References


Abdullah, F. (2019). Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 4(1), 47–58. https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4560

Alit, D. M., & Tejawati, N. L. P. (2023). Smart Classroom : Digital Learning Generasi Z Dan Alpha. Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Merdeka Belajar, 1.

Bashori, & Ardini, M. A. (2021). Kebijakan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Dan Sastra. Jurnal Hikmah , 10(1), 91–105. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/262

Bashori, B. (2017). PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031

Bashori, B. (2022). A Reputation Analysis and State Higher Education Institution Performance in West Sumatra, Indonesia. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 6(2), 133–142. https://doi.org/10.47766/idarah.v6i2.103

Bashori, B., Delanda, P. D., Zulmuqim, Z., & Usdarisman, U. (2021). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1), 21–32. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.193

Endarto, I. A., & Murtadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi. Jurnal Barik, 4(1), 37–51.

Herawati. (2022). Penerapan Model Blended Learning Berbasis Platform Alef Education Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika, 05(02), 509–524.

Horng, J., Hong, J., ChanLin, L., Chang, S., & Chu, H. (2005). Creative teachers and creative teaching strategies. International Journal of Consumer Studies, 29(4), 352–358. https://doi.org/10.1111/j.1470-6431.2005.00445.x

Ihsana El Khuluqo. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kangas, M. (2010). Creative and playful learning: Learning through game co-creation and games in a playful learning environment. Thinking Skills and Creativity, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2009.11.001

M. Dwi Rahman Sahbana. (2022). Pelaksanaan Program Smart Class Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Paris Langkis, 2(2), 33–40. https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4124

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Pribadi, B. A. (2023). Teknologi Pendidikan: Desain dan Konsep Esensial. RajaGrafindo.

Putri, P. A. (2021). Transformasi Sistem Pendidikan Madrasah dalam Wacana Metaverse pada Program Kemenag RI. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 3(2), 67–78. https://doi.org/10.18592/msr.v4i2.7625

Rohani. (2020). Media pembelajaran. In Media Pembelajaran.

Rozak, A. (2019). Artificial Intelligence Untuk Pemula. UNIPMA Press.

Setyosari, P., & S. (2005). Media Pembelajaran. Penerbit Elang Mas.

Tim Peneliti Pendidikan Agama dan Keagamaan Jakarta. (2019). Panduan Penyelenggaraan Madrasah Digital.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.