LAYANAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN IMAM BONJOL PADANG DI MASA PANDEMI COVID-19

Rusdin Zebua

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah mengubah semua tatanan sistem kehidupan yang ada termasuk di bidang Pendidikan. Tak terkecuali pendidikan tinggi, keadaan ini menjadikan seluruh perguruan tinggi menginstruksikan seluruh sivitas akademika baik dosen, tenaga pendidikan dan mahasiswa untuk melaksanakan aktivitas bekerja dan pembelajaran di rumah. Oleh karena itu sebagai lembaga yang sangat vital dalam menunjang aktivitas pembelajaran, perpustakaan harus tetap berkontribusi dan memberikan layanan sumber-sumber informasi yang relevan dan penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan yang dilakukan Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang selama masa Covid-19. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode kualitatif, deskriptif, dan studi literatur. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan kepada sivitas akademika selama masa pandemi covid-19 meliputi pelayanan penelusuran koleksi OPAC, pelayanan koleksi digital (repository) UIN Imam Bonjol Padang, layanan peminjaman dan pengembalian koleksi. Dari pembahasan tulisan ini dapat disimpulkan bahwa di masa pandemi Covid-19 layanan yang lakukan perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang adalah dalam rangka menunjang proses pembelajaran dan penelitian bagi sivitas akademika dengan menggunakan metode jarak jauh secara daring (online).  

Keywords


layanan perpustakaan;koleksi digital;pandemi covid-19;layanan jarak jauh;daring

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v2i2.3007
Abstract views : 123 times
PDF : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171