IMPLEMENTASI LAYANAN PENELUSURAN UNTUK SKRIPSI DI MASA PANDEMI

Indah Wijaya Antasari

Abstract


Tema penelitian ini adalah  implementasi  layanan penelusuran untuk  keperluan penyelesaian  skripsi  pada  masa  pandemi  covid  19  di  Perpustakaan  IAIN  Purwokerto  yang dilakukan  secara  daring.  Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  tema/subjek    yang  paling banyak diperlukan pemustaka, jumlah bahan rujukan yang diberikan pustakawan, dan intensitas pemustaka dalam mengajukan layanan penelusuran. Menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan  pendekatan  kuantitatif.    Populasinya  mahasiswa  yang  mengajukan  layanan  selama pandemi 2020 (Maret-Desember 2020) sebanyak 376, responden dengan full populasi. Analisis datanya  menggunakan  bantuan  aplikasi  Ms  Excel  2013  dan  Nvivo  12  Pro.    Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  tema  pendidikan  merupakan  tema/subjek  yang  paling  banyak  diminta; Jumlah  bahan  rujukan  yang  direkomendasikan  pustakawan  rata-rata  3,70  per  permintaan layanan;  sedangkan  intensitas  permintaan  sejumlah  313  pemustaka  mengajukan  permintaan layanan penelusuran sebanyak satu (1) kali.  Penelitian ini merekomendasikan untuk dilakukan kajian  lebih  mendalam  mengenai  ketepatan/  kesesuaian  jawaban  pemustaka  dengan  kebutuhan pemustaka.

Keywords


layanan Penelusuran;layanan masa pandemi;informasi penelitian;layanan perpustakaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i1.3161
Abstract views : 216 times
PDF : 277 times

References


Alam, U. F. (2016). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dan Peranan Perpustakaan Dalam Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Pustakaloka, 5(1), 92–105.

Andriani, J. (2013). Aktivitas Pustakawan Dalam Layanan Penelusuran Elektronis. Bogor: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (pustaka ….

Antasari, I. W. (2018). Survei Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan IAIN Purwokerto. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 2(1), 63–73.

Antasari, I. W. (2020). Layanan Penelusuran Kompleks Berbasis Teknologi Informasi di Perpustakaan. Al-Ma’mun: Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/jkki.v1i1.4049

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Database Akademik IAIN Purwokerto /Siska diankes 24 Agusntus 2020

Harliansyah, F. (2017). Scholarly communication dan peran erpustakaan perguruan tinggi. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip & Dokumentasi, 9(1), 1–24.

Nashihuddin, W. (2019). Urgensi Kompetensi Komunikasi Ilmiah Pustakawan Untuk Program Pengembangan Layanan Perpustakaan. Journal of Documentation and Information Science (JoDIS), 3(1).

Perpusnas RI. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penilaian Angka Kredit Unsur Pelayanan Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.

Prahyuda, S. (2016). Pemanfaatan Layanan Virtual Reference sebagai Sumber Rujukan Online (Studi Kasus: Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Putra, I. P., & Irawati, I. (2018). Layanan referensi sebagai representasi perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(1), 77–94.

Setiyono, J., & Mustofa, M. (2019). Persepsi Pemustaka Terhadap Pengembangan Institusional Repository di Perpustakaan ISI Surakarta. Publication Library and Information Science, 3(1), 20–30.

Sparks, J. R., Katz, I. R., & Beile, P. M. (2016). Assessing digital information literacy in higher education: A review of existing frameworks and assessments with recommendations for next-generation assessment. ETS Research Report Series, 2016(2), 1–33

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171