KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN IAIN PEKALONGAN MASA PANDEMI

Junaeti Junaeti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan berdasarkan persepsi  pemustaka  terhadap  layanan  sirkulasi  masa  pandemi,  sebagai  bahan evaluasi  dan  masukan  untuk  memberikan  layanan  perpustakaan  lebih  baik  lagi. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  survei  dengan  menggunakan  pendekatan kuantitatif  deskriptif  .  Responden  dalam  penelitian  ini  adalah  pemustaka  yang menjadi  anggota  Perpustakaan  IAIN  Pekalongan.  Responden  yang  bersedia mengisi  kuesioner  yang  disebarkan  melalui  media  sosial  perpustakaan  sebanyak 163  orang.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kepuasan  pemustaka  terhadap layanan  sirkulasi  yang  diberikan  pada  masa  pandemi  oleh  Perpustakaan  IAIN Pekalongan  dinilai  sudah  sangat  memuaskan  berdasarkan  dari  hasil  skor  untuk semua  item  pertanyaan  rata-rata  skor  lebih  dari  81%  yang  berarti  dalam  kriteria sangat  memuaskan.  Namun  demikian,  pemustaka  tetap  memberi  saran  untuk selalu  meningkatkan  layanan  agar  lebih  baik  lagi,  meningkatkan  jumlah  koleksi baik  dalam  bentuk  cetak  ataupun  digital,  senantiasa  memberi  informasi  yang berkaitan  dengan  layanan  dan  perpustakaan  dalam  bentuk  yang  menarik,  serta mengapresiasi layanan yang sudah diberikan oleh perpustakaan.

Keywords


kepuasan;persepsi;layanan sirkulasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i1.3164
Abstract views : 379 times
PDF : 272 times

References


Alizamar, & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi Dan Desain Informasi: Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan dan Desain Komunikasi Visual. Media Akademika.

Antasari, I. W. (2017). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Bookless di Perpustakaan Iain Purwokerto. Pustakaloka, 9(2), 239–254.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.

Indrajit, R. E. (2014). Peranan Teknologi Informasi pada Perguruan Tinggi: Paradigma, konsep dan Strategi Implementasi. Graha Ilmu.

Irianti, P. (2017). Kepuasan Pemustaka Terhadap Fasilitas Perpustakaan di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 47–55.

Lasa HS. (2005). Manajemen Perpustakaan. Gama Media.

Lasa HS & Uminurida Suciati. (2017). Kamus Kepustakawan Indonesia (Edisi 4, Cet. 1). Calpulis.

Qolyubi, dkk. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab.

Rezaei, M., Rezaei, M., Zare, M., Akbarzadeh, H., & Zare, F. (2014). The Effects of Information Technology (IT) on Employee Productivity in Shahr Bank (Case study of Shiraz, Iran). 7.

Riduwan, R. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (Cet. 10). CV. Alfabeta.

Rosiyan, N. R., & Maha, R. N. (2020). Layanan Perpustakaan di Era Pandemi Sebagai Implementasi Industri 4.0: Studi Kasus PDDI LIPI. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 5(2), 118–131.

Wijaya, D. P. (2020). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Pusat Penelitian Geoteknologi. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 28(2), 73–80


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171