KELAS LITERASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifitasan kelas literasi di Universitas Kristen Duta Wicana (UKDW). Metodologi penelitian ini menggunukan penelitian lapangan dan objek kajiannya adalah mahasiwa UKDW. Temuan dalam penelitian ini semua materi yang diajarkan dalam pembelajaran dikelas lterasi seperti: Penelusuran sumber informasi cetak maupun internet, teknik penulisan, tatacara penulisan abstrak sampai kepada pengoperasian zotero dan mendeley, kesemuanya merupakan materi yang tidak didapat dikelas serta dapat membantu dan memudahkan mahasiswa UKDW Dalam meningkatkan kemampuan merka dalam menulis artikel, mereka juga kedepannya dapat mengkonstruksi karya ilmiah menjadi lebih berkualitas dan bermutu.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i1.3165
Abstract views : 140 times
PDF : 110 times
References
Cooper, J.D. Literacy: Helping Children Construct Meaning. (Toronto: Hougton Miffin Company, 1993)
Bayhan, M. Literacy Practices: Investigating Literacy in Social Context. (New York: Longman Group, 1995)
Sugang, I Made N. Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjamin Mutu, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Vo. 3, No. 2 : 154-163. 2017
Armia dan Zuriana. Pentingnya Literasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Langgam Bahasa, Vol. 11, No. 2 : 161-167, 2017
Tarigan, H.G. Keterampilan Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (Bandung: Angkasa, 2008)
Dalman, Keterampilan Menulis. (Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2012), hal, 1
Bastomi, Hepi Andi. Menghidupkan Tradisi Menulis , (Bandung: Buletin Al Bunyan, 2012)
Kartimi, Tiem. Perencanaan Menulis Karangan, (Bogor: Universitas Pakuan, 2006)
Nurul Alifah Rahmawati. Urgensi Kelas Literasi Informasi Bagi Mahasiswa Di Perpustakaan Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Perpustakaan UII, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Vol. 10. No.1: 51-56. 2019
Winanto, Janan. Meningkatkan literasi siswa dengan gemar membaca. Jurnal Pustaka Ilmiah, Universitas Sebelas Maret. Vol. 4. No.2. 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Maktabatuna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171