Grup Telegram Sebagai Alternatif Layanan Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang pada Masa Pandemi Covid-19

Sefri Doni

Abstract


Kapasitas grup yang mampu menampung 200.000 anggota merupakan salah satu alasan dipilihnya Aplikasi Telegram oleh UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Mulai beroperasi  bulan  Maret  2020.  Grup  Telegram  UPT  Perpustakaan  UIN  Imam  Bonjol  Padang sudah  berhasil  mengumpulkan  anggota  sebanyak  4485  orang  yang  sebagian  besar  bergabung atas keinginan sendiri. Grup Telegram UPT Peprustakaan UIN Imam Bonjol Padang dikelola oleh 6 orang administrator yang terdiri dari pihak internal dan eksternal.  Selayaknya layanan perpustakaan convensional, Grup Telegram UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang juga memiliki  hari  dan  jam  sibuk.  Hari  Senin  adalah  hari  paling  sibuk  di  Grup  Telegram  UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol dan pukul 13.00 WIB setiap harinya merupakan jam sibuknya. Pilihan  UPT  Perpustakaan  UIN  Imam  Bonjol  Padang  untuk  menggunakan  grup  telegram sudah  terbilang  cocok  dengan  beberapa  indikator  yaitu  kapasitas  grup  yang  mampu menampung seluruh civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang, adanya fitur statistik grup, multi admin dan menampung berbagai jenis pesan. Meskipun demikian masih ada beberapa hal yang  perlu  untuk  ditingkatkan  khususnya  keterlibatan  lebih  banyak  pustakawan  dalam memberikan  pelayanan  kepada  sivitas  akademika  UIN  Imam  Bonjol  Padang  sehingga keberadaan  grup telegram ini benar-benar mampu  memberikan  dukungan  dan bantuan  dalam pelaksanaan kegiatan tri dharma pergutuan tinggi.

Keywords


telegram;perpustakaan;UIN Imam Bonjol Padang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i1.3167
Abstract views : 291 times
PDF : 98 times

References


Esti, W., Lubis, N., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Retensi Pelanggan Melalui Kepuasan. 10

Fitriansyah, F., & Aryadillah -. (2020). Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 20(2), 111–117. https://doi.org/10.31294/jc.v20i2.8935

Indonesia COVID: 1,797,499 Cases and 49,907 Deaths - Worldometer. (n.d.). Retrieved May 28, 2021, from https://www.worldometers.info/coronavirus/country/indonesia/

Kesehatan Republik Indonesia, K. (n.d.). Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat untuk Cegah Penularan Covid-19?

Lubis, S. L. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Planggan terhadap Pelayanan Karyawan di Hotel Mega Permata Kota Padangsidimpuan. 12.

Mediatama, G. (2021, May 22). Pandemi Covid-19 ubah pola hidup masyarakat, termasuk dalam belanja. Retrieved May 25, 2021, from Kontan.co.id website: https://nasional.kontan.co.id/news/pandemi-covid-19-ubah-pola-hidup-masyarakat-termasuk-dalam-belanja

Perpustakaan Perguruan Tinggi: Pedoman, Pengelolaan dan Standardisasi | IBLiMS. (n.d.). Retrieved May 25, 2021, from http://bpsdmkp.kkp.go.id/apps/perpustakaan/?q=node/74

Romdonny, J., Rosmadi, M. L. N., & Halim, J. K. A. (2018). Peran Media Sosial dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. 6.

Telegram – a new era of messaging. (n.d.). Retrieved May 25, 2021, from Telegram website: https://telegram.org/

Yovinus, Y. (2018). Peran Komunikasi Publik Media Sosial dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Academia Praja, 1(01), 185–211. https://doi.org/10.36859/jap.v1i01.47


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171