PELAYANAN PERPUSTAKAAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS SYARIAH UIN IMAM BONJOL PADANG

Murnahayati Murnahayati

Abstract


Pelayanan  Perpustakaan  selama  masa  pandemi  Covid  –  19    di  Fakultas  Syari’ah UIN  Imam  Bonjol  Padang  sangat  berdampak  terhadap  aktivitas  penghentian  pelayanan perpustakaan secara manual untuk mengindari kotak lansung dengan pemustaka sebagai tindakan dalam pencegahan dan penularan Covid – 19. Perpustakan perguruan tinggi sangat penting bagi masyarakat  pengunanya  dalam  mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan  untuk  memperoleh informasi yang berguna dalam pengembangan pendidikan sebagai fungsi edukasi, informasi, riset , rekreasi,  publikasi,  deposit  dan  interpretasi,  oleh  karenanya  perpustakaan  merupakan  suatu kesatuan  yang  tidak  dapat  dipisahkan  dalam  sistem  pendidikan  suatu  lembaga.  Memberikan pelayanan  kepada  civitas  akademika  seperti  mahasiswa,  dosen,  peneliti,  guru  besar,  pimpinan, serta seluruh staf administrasi dan akademik. Tapi pada saat sekarang ini Coronavirus Disease 19 atau  Covid-19  sangat  mempengaruhi  pelayanan  perpustakaan  secara  cepat,  dikarenakan penutupan  sementara  pada  layanan  perpustakaan  akibat  covid  –  19.  Penutupan  sementara membuat pelayanan perpustakaan menjadi terganggu secara offline, tetapi pengunjung tetap bisa memanfaatkan fasilitas Perpustakaan melalui layanan digital (online). Dengan berjalannya waktu kedaruratan  masa  pandemi  Covid-19  sudah  mulai  di  longarkan  dan  pelayanan  perpustakaan Fakultas Syari'ah sudah mulai dilakukan secara offline.

Keywords


pelayanan perpustakaan;Pandemi Covid 19;pemustaka Fakultas Syari’ah;mempengaruhi pelayanan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i2.3734
Abstract views : 62 times
PDF : 34 times

References


Achmad Yurianto, (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Adya, Dasar-dasar Pelayanan Prima, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Ed. Rev. Cet. Ketujuh. ManajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Ed. Rev VI. Cet. Ketigabelas. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Daryono. (2018). Membangun komunikasi efektif dalam pelayanan perpustakaan. Media Pustakawan.

Haryanto, H. (2015). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Pemanfaatan Socia Media Networking Sebagai Media Komunikasi Antara Perpustakaan Dan Pemustaka.

Safrizal ZA, Dr. MSi, dkk (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19. Jakarta: Tim Kerja Kementrian Dalam Negeri.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan. Jakarta :SagungSeto. Utama.

Syahyuman, 2012. Manajemen Koleksi Perpustakaan. :Padang: Sukabina Press.

Undang-undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Yahya, A. N. (2020a, March 20). Survei RRI-Indo

Barometer: 56,3 persen responden tak menerima sosialisasi pencegahan Covid-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171