PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEGIATAN PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA PERPUSTAKAAN

Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana persepsi mahasiswa S1-Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Persepsi mahasiswa terhadap kegiatan  pendidikan  pemakai  dalam  pemanfaatan  sumber  daya  perpustakaan  di  Perpustakaan  IAIN Batusangkar.  Jenis  penelitian  menggunakan  pendekatan  deskriptif  dengan  analisis  naratif,dengan populasi  pada  penelitian  ini  adalahseluruh  mahasiswa  ilmu  perpustakaan  dan  informasi  islam. Adapun  yang  menjadi  sampel  penulis  fokuskan  pada  mahasiswa  angkatan  2017 yang  berjumlah  35 orang,  hal  ini  dipilih  karena  mahasiswa  angkatan  tersebut  telah  mengikuti  program  pendidikan pemakai  secara  langsung  di  ruang  perpustakaan.Pengukuran  variabel  dalam  penelitian  ini menggunakan  skala  likert  disebar  melalui  platform  google  form  secara  online.  Dalam  melakukan pengolahan  data  penulis  menggunakan  aplikasi  analisis  statistic  SPSS  (Statistical  Product  and Solution)  versi  20.0.  Hasil  penelitian  memperlihatkan  bahwasebagian  besar  mahasiswa  menyatakan pendapatnya setuju dengan adanya plaksanaan kegiatan pendidikan pemakai dapat meningkatkan dan menambah  keterampilan  mahasiswa  dalam  temu  kembali  informasi  secara  cepat  dan  tepat  serta mempermudah  dalam  menemukan  informasi  secara  relevan.  Sebagian  besar  mahasiswa  juga mengemukakan  bahwa  mereka  antusias  untuk  mengikuti  kegiatan  dengan  menggunakan  metode langsung, dimana pustakawan menjelaskan bagaimana penggunaan sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan.

Keywords


pendidikan pemakai;pemanfaatan perpustakaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i2.3740
Abstract views : 153 times
PDF : 128 times

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Manajemen Penelitian. Jakarta : Depdikbud.

-------------------------. 2009. ManajemenPenelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

------------------------. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Darmono, H. Agus. 2001. Manajemen dan Tata Kerja perpustakaan Sekolah : Konsep dasar dan aplikasinya. Cet.1. Jakarta : Kencana.

Departemen Pendidikan & Kebudayaan.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman. Edisi 3.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Fjalbrant, Nancy. 1984. User education in libraries. London : Bingley.

Hak, Ade Abdul. 2007. User Education :Perubahan Perilaku dan Kompetensi Informasi bagi para Pengguna perpustakaan Madrasah Aliyah. Jakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora-UIN Syarif Hidayatullah.

Handayani, dkk.2007. Studi Korelasi Motivasi Pengguna dan pemanfaatan Koleksi CDROOM di UPT Pusat Perpustakaan UII Yogyakarta.Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi.Vol III no. 7. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Hasugian, Joner. 2009. Dasar-Dasar Ilmu perpustakaan dan Informasi. Medan: USU.

Hermawan, Rachman & Zen, Zulfikar. 2006. Etika Pustakawan: Suatu Pendekatan Terhadap Profesi dan Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta : Sagung Seto.

Irawan, Sandy. 2005. Pentingnya pendidikan pemakai bagi mahasiswa dalam penelusuran informasi malalui catalog online (OPAC): Studi kasus pada perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Jakarta.

Katz William.1987.Introduction to Reference Work : Basic information Source. New York.

Kosterman, Wayne. 1978. A Guide to Library Environmet Graphics. Library Technology Reports.

Lasa HS.2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia.Yogyakarta.Pustaka Book publisher.

Nurhayati, Tri Kurnia. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia: dengan ejaan yang disempurnakan. Jakarta : Eska Media Press.

Purnomo, Pungki. 2006. Pembekalan Life long Learning di madrasah melalui penerapan pembelajaran berbasis perpustakaan.UIN Syarif Hidayatullah.

Reitz, Joan M. 2004. Dictionary for Library and information Science.USA: Library Unlimite

Rohana, Iwin Adriyawin, diakses dalam https://journal.ummat.ac.idin dex.php/JIPER/article/view/ 1498, diakses pada 05 September 2021.

Salim, Peter. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Siregar, A. Ridwan. 2004. Perpustakaan :Energi Pembangunan Bangsa. Medan : USU Press

Soeatminah.1992. Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan.Jakarta : Modern English Press

Soedibyo, Noerhayati. 2005. Pengelolaan Perpustakaan. Bandung: Alumni.

Subagyo, Joko. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan Dalam Teori dan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Suhendar, Yaya. 2007. Pedoman Katalogisasi. Jakarta: Kencana.

Sulistyo-Basuki. 2004. Pengantar dokumentasi. Bandung : Rekayasa Sains.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisis data Sumber Daya Manusia. Jakarta: center Academic Publishing Service.

Sutarno, 2006.Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan Praktik. Jakarta : Sagung Seto.

Umar, Husein. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Undang-undang No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171