IMPLEMENTASI MODEL LAYANAN SIDARING (SIRKULASI DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Sri Yulianti

Abstract


Covid-19 sangat berdampak bagi dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi. Sehingga mengakibatkan semua proses perkuliahan dilakukan secara daring (dalam jaringan). Hal  yang  sama  juga  terjadi  terhadap  layanan  perpustakaan  sehingga  semua  pemustakanya tidak  dapat  lagi  berkunjung  seperti  biasanya  ke  perpustakaan.  Perpustakaan  Universitas Negeri  Padang  pada  masa  pandemi  Covid-19  melakukan  berbagai  upaya  agar  semua kebutuhan informasi pemustakanya dapat terpenuhi, salah satunya dengan membuka layanan sidaring  (sirkulasi  dalam  jaringan).  Tulisan  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  model layanan  sidaring  (sirkulasidalam  jaringan)  pada  masa  pandemi  Covid-19  di  perpustakaan Universitas  Negeri  Padang.  Metode  Penelitian  yang  digunakan  dalam  penulisan  ini  adalah metode  observasi  berperan  serta  (participant  observation).  Dimana  peneliti  terlibat  langsung dengan  kegiatan  sehari-hari  yang  sedang  diamati  atau  yang  digunakan  sebagai  sumber  data penelitian.  Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  layanan  sidaring  merupakan  sebuah  inovasi  dari layanan  sirkulasi  pada  masa  pandemi  Covid-19  untuk  perpustakaan  dalam  memenuhi kebutuhan  para  pemustakanya.  Jumlah  layanan  sirkulasi  Perpustakaan  Universitas  Negeri Padang pada masa pandemiCovid-19 selama empat bulan dari bulan September sampai bulan Desember  tahun  2020  sebelum  dilakukan  layanan  sidaring  (sirkulasi  dalam  jaringan)  adalah 7843  eksaplar,  dan  empat  bulan  dari  bulan  Januari  sampai  April  2021  setelah  dilakukan layanan  sidaring  (sirkulasi  dalam  jaringan)  adalah  15710  eksamplar.  Perpustakaan Universitas Negeri Padang telah melakukan layanan sidaring (sirkulasi dalam jaringan) sejak bulan  Januai  2021  dan  sudah  dapat  dilihat  peningkatan  jumlah  layanan  sirkulasi  yang signifikan setelah dilakukan layanan sidaring (sirkulasi dalam jaringan). jika dilihat porsentase jumlah peningkatannya adalah 66,7%.

Keywords


layanan perpustakaan;layanan sirkulasi;layanan perpustakaan pada masa pandemi covid-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i2.3758
Abstract views : 118 times
PDF : 72 times

References


Ardoni.2021. https://www.youtube.com/watch ?v=NO-WZ3cAlII. Diakses tanggal 20 September 2021

IFLA (The International Federation of Library Associations and Institutions). Retrieved from https://www.ifla.org/covid-19- and-libraries

Lasa,Hs. 1994.Jenis-jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan. Jakarta: Gadjah Mada

Pendit, P. L. (2008).Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi: Tantangan Peningkatan Kualitas Jasa. In Workshop Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi Meningkatkan Citra Perpustakaan Guna Membangun Strategi Keunggulan Bersaing. Semarang

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi

Qalyubi, Syihabuddin dkk. 2007. Dasar- Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta:Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Saleh, Abdul Rahman. 1994.Pelayanan Sirkulasi dan Referensi. Bogor: program studi Perpustakaan dan Informasi Pertanian Fakultas Pertanian IPB.

Sistem Automasi Perpustakaan Universitas Negeri Padang

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sulistyo-Basuki.1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171