MAHASISWA LITERAT SEBAGAI CHANGE AGENT DALAM PEMBANGUNAN SEBUAH CONDITIO SINE QUANON

Budi Handari

Abstract


Dalam upaya mewujudkan tujuan nasional, Indonesia melakukan pembangunan di segala  bidang.  Seperti  halnya  negara-negara  lain,  Indonesia  juga  mengalami  dampak  negatif pandemic Covid-19. Capaian hasil pembangunan yang mengalami pasang surut. Berbagai pranata yang semula terlihat mantap, menunjukkan tanda-tanda kegoyahan. Permasalahan yang dihadapi Indonesia  menjadi  semakin  kompleks  tatkala  dilengkapi  dengan  rendahnya  tingkat  literasi masyarakat.  Kompleksitas  permasalahan  dan  goncangan  (schok)  akibat  pandemi  Covid-19 berpotensi  untuk  menempatkan  bangsa  ini  pada  posisi  disorientasi.  Dalam  kondisi  seperti  itu perlu  adanya  upaya-upaya  penyesuaian  di  semua  lini,  agar  pranata-pranata  yang  goyah  dapat kembali  on  the  track.  Untuk  itu  diperlukan  kebersamaan  dan  komitmen  yang  kuat,  dari  seluruh komponen bangsa termasuk mahasiswa. Mahasiswa  sebagai  intelektual  muda,  secara  inheren  juga  merupakan  change  agent  dari pembangunan. Dengan kompleksitas permasalahan yang di antaranya adalah rendahnya tingkat literasi  masyarakat  yakni  rendahnya  tingkat  literasi,  maka  mahasiswa  yang  literat  adalah merupakan conditio sine quanon.

Keywords


pembangunan;pandemi covid-19;disorientasi;penyesuaian;mahasiswa literat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v3i2.3759
Abstract views : 172 times
PDF : 97 times

References


Arief Budiman. (2000) .Teori Pembangunan Dunia Ketiga.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

AS, Moenir. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta:Bumi Aksara

Chaniago,Adrinof A. (2001). Gagalnya Pembangunan, Kajian Ekonomi Politik Terhadap Akar Krisis Indonesia.Jakarta: PTLP3S

Danielle A. Tucker & Stefano Cirella. (2018). Agents of Change: Insights from Three Case studies of Hospital Transformations.https://www.rese archgate.net

Dewa Ketut Sudiarta Wiguna. (2020). BPS: Gini ratio Indonesia naik jadi 0,385, naik di kota maupun desa. Diakses di https://www.antaranews.co.

Flora Dianti. (2020). Macam-macam Teori Kausalitas dalam Hukum Pidana. https://www.hukumonline.com.

Fred C. Lunenburg. (2010). Managing Change: The Role of the Change Agent. International Journal of Management, Business andAdministration.Vol. 13 No.1, 2010.https://naaee.org

Jackson Best. (2014). What is Literacy and Why is it Important?.https://www.3plearni ng.com

Lhedrik Lienarto. (2016). Penerapan Asas Conditio Sine Quanon Dalam Tindak Pidana Di Indonesia.dalam Lex Crimen Vol. V/No. 6/Ags/2016. https://media.neliti.com/media/ publications/148236-ID

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2005). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moh.Nazir. (2013). Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia Indonesia

Nuryum Saidah. (2020). Buta Huruf Fungsional. Diambil dari https://www.orangramai.id.

Rahma Juwita, Nelfa Roza, Ikhsan Mulkhairi. (2019). Artikel Konsep Dan Peranan Agen Perubahan.https://osf.io

Rhenald Kasali. (2005). Change.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sarlito Wirawan Sarwono. (1997). Psikologi Sosial Individu dan Teori- Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Balai Pustaka

Shintya Gugah Asih T. (2021). Peran Agen Perubahan. Diakses di https://ombudsman.go.id.

Tirta Citradi, CNBC Indonesia. (2020). Indeks Pembangunan Manusia RI No 107 dari 189 Negara. Diakses di https://www.cnbcindonesia.com

Todaro,Michael P. (2000). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ke Tiga.Jakarta: Erlangga

Trung,Gian Tu. (2013) What is The Role of Intellectuals in Society? https://www.weforum.org

Vilya Lakstian Catra Mulia. (2016). The Contributions of Literacy Skills to National Development. Diaksees di https://www.researchgate.net

Badan Pusat Statistik. (2020). Gini Ratio September 2020. Diakses di https://www.bps.go.id

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.https://gln.kemdikbud.go.id

UNESCO. (2016). Libraries and Literacy: Using Libraries to Support National Literacy Efforts. Diakses di https://uil.unesco.org

UNESCO. (2016). Learning and Literacy. Diakses di https://en.unesco.org

______2016.What is Development– A Definitive Guide. Diakses dari https://www.mdgmonitor.org

______2018. Indonesia Economic Quarterly Reports (IEQ) June 2018.-World Bank.https://www.worldban k.org

______2019.Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. diambil dari https://unsoer.ac.id

______2020.Tridharma.http://prodihumas.fikom.unpad.ac.id.2020.h.1V. https://www.hukm online.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171