KEPUASAN PEMUSTAKA PERPUSTAKAAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Khaidir Alimin, Supliadi Supliadi, Ari Eka Wahyudi

Abstract


Penelitian ini berjudul Kepuasan pemustaka Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tempat penelitian di Perpustakaan UIN SUSKA Riau. Penyebaran kuesioner direncanakan selama kurang lebih satu bulan, terhitung bulan Oktober - November 2021. Untuk penyebaran kuesioner dilakukan dengan memanfaatkan googleform. Responden dalam survey ini sebanyak 255 orang terdiri dari para mahasiswa, Dosen dan Pegawai yang sedang berkunjung di perpustakaan dan menjawab pertanyaan survey di googleform. Berdasarkan rumusan masalah yang peneliti ungkapkan, ada beberapa hal yang dapat peniliti simpulkan yaitu: (1) Tingkat kepuasan pengguna terhadap empat rumusan yang menjadi batasan masalah yakni kemudahan akses, kualitas layanan, effesiensi dan waktu pelaksanaan layanan, ternyata tidak ada satupun yang betul-betul memuaskan pemustaka UIN SUSKA Riau. (2) Perbaikan dalam empat hal yang diajukan kepada pemustaka perlu dilakukan secara berkelanjutan. Sebab antara harapan dan kenyataan pada umumnya timpang. Karena kebutuhan semakin hari semakin meningkat, sedangkan kesanggupan kadang-kadang tidak sejalan dengan kebutuhan. (3) Kunci utama dalam kepuasan pengguna atau pengunjung berada pada sikap petugas dalam melayani penggunanya. Dimana komunikasi sangat berperan penting dalam hubungan tersebut.


Keywords


Kepuasan pemustaka; Perpustakaan UIN SUSKA RIAU

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v4i1.4294
Abstract views : 6 times
PDF : 0 times

References


Badan Pengmbangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/puas

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku konsumen: pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta : Andi.

Fadhilatul Hamdani. 2011. “Kinerja Perpustakaan Utama UIN Jakarta Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard,” Tesis Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya, Universitas Indonesia Depok.

Fatmawati, Endang. 2012. Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan FEB Undip Berdasarkan Harapan dan

Persepsi Pemustaka dengan Metode LibQUAL +TM . Berkala Ilmu

Perpustakaan dan Informasi Vol. VIII,No.1. https://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/view/7725/5979 . Diunduh Kamis, 30 Juni 2022.

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. PT Ikrar Mandiriabadi,

Indonesia.

Saleh Abdul Rahman. 1995. Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171