ORGANISASI PROFESI KEPUSTAKAWANAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) IMAM BONJOL PADANG

Nasrul Makdis, Jendri Jendri

Abstract


Tulisan ini dengan judul organisasi profesi kepustakawanan di UIN Imam Bonjol Padang, dengan menggunakan metode kepustakaan. Tulisan ini mencoba untuk melihat organisasi profesi kepustakawanan diberbagai dunia dan Indonesia kemudian juga melihat bagaimana yang terdapat di perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Adapun hasil dari penelitian karya ini adalah profesi merupakan tuntutan bagi para pekerja yang telah diakui dengan profesinya, dengan tuntutan yang luas sehingga membuat menjadi professional. Setelah diakui, maka semangkin banyak pula organisasi sehingga mudahnya berkumpul dan menjalin kerjasama yang lebih efektif, tearah, dan bahkan terintegritas dengan baik. Dari berbagai organisasi profesi, semuanya itu tidaklah terlalu berbeda hanya saja tergantung fasilitas dan kekompakan terhadap daerah tersebut apakah bersifat professional, teknisi, dan manual, semuanya itu tidak luput dari organisasi dan profesionalisme.

Keywords


Profesi;Organisasi; dan Kepustakawanan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v4i2.4524
Abstract views : 229 times
PDF : 822 times

References


Adrianto, B. (2013). Persepsi Pustakawan Terhadap Keberadaan Organisasi Profesi (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Pustakawan Surabaya Terhadap Ikatan Pustakawan Indonesia).

Basuki, Sulistyo. 2011. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka

Chanigo, Nasrul Syakur. 2011. Manajemen Organisasi. Bandung. Citapustaka Media Perintis.

Hafiz, Muhammad. 2018. Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak (Studi Deskriptif Kualitatif Keluarga Siswa Berprestasi Di SMPN 1 P.Berandan)

Harfianto, N. G., & Eldiana, M. S. (n.d.). Peran Organisasi Profesi Kependidikan Dalam Sistem Pendidikan.

Hermawan, Rachman; Zen, Zulfikar. 2006. Etika Kepustakawanan. Jakarta: Sagung Seto

Lasa, HS. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media

Muhadjir, H. N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif: Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, Dan Realisme Metaphistik, Telaah Studi Teks Dan Penelitian Agama. Yogyakarta.

Mundziri, M. (1996). Logika. PT Raja Grafindo Persada.

Mutaqin, A. Z. (2014). Profesionalisasi Widyaiswara melalui Penguatan Organisasi Profesi. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 118–130.

Poerwadarminta, W. J. S. (1974). Kamus umum bahasa Indonesia / bagian 1. Huruf A s/d O. Inter Documentation Co.

Prayoga, P. (n.d.). Definisi Dan Fungsi Dari Organisasi Profesi.

Qolyubi, Syihabuddin. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan IPI, Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga

Suherman, S. (2009). Meneguhkan Eksistensi: Mengembangkan Organisasi Profesi Kepustakawanan di Indonesia. Media Pustakawan, 16(3 & 4), 140–144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171