KETIDAKNYAMAN BEKERJA PUSTAKAWAN PADA PELAYANAN ONLINE MASA PANDEMI COVID 19 : STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM

Yunita Lestari

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap berbagai unit pelayanan pendidikan di Perguruan tinggi, diantaranya Perpustakaan. Perpustakaan UIN Mataram berfungsi memberikan pelayanan pustaka bagi segenap civitas akademik. Dalam rangka memberikan pelayanan di masa pandemi, kegiatan layanan Perpustakaan ikut beradaptasi sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan. Pelayanan perpustakaan beralih dari manual (luring) menjadi digital (daring). Pustakawan dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi dalam memberikan pelayanan publik yang optimal. Namun terdapat kendala yang dihadapi pustakawan yaitu job insecurity. Job insecurity adalah keadaan psikologis seseorang yang mengalami ketidaknyamanan saat bekerja, timbulnya perasaan cemas, serta stress karena lingkungan pekerjaan yang tidak nyaman. Apabila tidak diatasi maka akan berdampak terhadap produktifitas kerja pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya dan solusi untuk mengatasi dampak job insecurity pustakawan terhadap pelayanan daring perpustakaan yang diakibatkan pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara kepada sejumlah pengguna layanan daring perpustakaan. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor penyebab timbulnya job insecurity adalah persepi diri, batasan layanan perpustakaan yang kurang tersosialisasi dengan baik dan kesewenang-wenangan pemustaka. Pustakawan diharapkan mampu mengelola stress pekerjaan agar tidak menurunkan produktifitas perkerjaan dan membahayakan bagi kondisi psikologis pustakawan

Keywords


: job insecurity; pustakawan; layanan daring; perpustakaan digital

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v4i2.4603
Abstract views : 62 times
PDF : 54 times

References


Alimuddin, M. (2022, July 4). Wawancara [Pustakawan Muda].

Barsah, A.-. (2017). PENGARUH IKLIM ORGANISASI, JOB INSECURITY dan TURNOVER INTENTION TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT Serasi Autoraya Bandung). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 2(3), 1. https://doi.org/10.32493/pekobis.v2i3.P1-15.661

Gayatri, E., & Muttaqiyathun, A. (2020). Pengaruh Job Insecurity, Beban Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention Karyawan Milenial. Proceeding of The URECOL, 77–85.

Gunawan, I. K. A. P., & Ardana, I. K. (2020). PENGARUH JOB INSECURITY, BUDAYA ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1858. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i05.p11

Layanan online Perpustakaan Perguruan Tinggi sebelum dan sesudah pandemi covid-19 | IJAL (Indonesian Journal of Academic Librarianship). (n.d.). Retrieved July 14, 2022, from http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/85

Naibaho, K. (2020). EVALUASI LAYANAN ONLINE DAN AKSES KE KOLEKSI DIGITAL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA. 22(1), 14.

Nurmayuni, S. (2020). Layanan online Perpustakaan Perguruan Tinggi sebelum dan sesudah pandemi covid-19: Studi perpustakaan UIN Sunan Ampel sejak 2018 hingga 2020. IJAL (Indonesian Journal of Academic Librarianship), 4(1), 23–40.

Nurohman, A. (2018). Perpustakaan sebagai Teropong Profesionalisme Pustakawan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 71. https://doi.org/10.29240/tik.v2i1.389

Riani, N., & Handayani, N. S. (2020). Dampak stres kerja pustakawan pada masa pandemi Covid-19 terhadap layanan perpustakaan perguruan tinggi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 97–114.

Romadhoni, L. C., Asmony, T., & Suryatni, M. (2015). Pengaruh beban kerja, lingkungan kerja, dan dukungan sosial terhadap burnout pustakawan di Kota Mataram. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3(2), 125–145.

Samosir, Z. Z., & Syahfitri, I. (2008). Faktor penyebab stres kerja pustakawan pada perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Pustaha, 4(2), 60–69.

Sugiyono;, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung). Alfabeta.

//digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan perpustakaan perguruan tinggi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286.

Suharti, S. (2020). Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid 19. Buletin Perpustakaan, 53–64.

Tsani, L. H. (2022, July 4). Wawancara [Pustakawan Muda].

Wahyuni, M. (2016). Peran pustakawan sebagai penyedia informasi. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 9(2), 196–210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171