EVALUASI INOVASI PUSTAKAWAN SEKOLAH BERPRESTASI TINGKAT SMA/SMK PROVINSI ACEH 2017-2022

Suherman Suherman

Abstract


Penelitian yang berjudul “Evaluasi Inovasi Pustakawan Sekolah Berprestasi Tingkat SMA/SMK Provinsi Aceh 2017-2022 ” ini dilatar belakangi oleh kekhawatiran terhadap peran atau kiprah pustakawan sekolah berprestasi provinsi Aceh, apakah mereka tetap berkomitmen mengembangkan perannya dalam menegembangkan fungsi perpustakaan di tempat kerja mereka serelah mereka dinobatkan sebagai juara pustakawan tingkat provinsi. Sementara itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para pemenang tenaga perpustakaan berprrestasi provinsi Aceh masih tetap berkreativitas atau berinovasi setelah meraka mendapatkan gelar juara, selain mengetahui bagaimana karir mereka pasca menjadi juara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik warwancara dalam pengumpulan datanya dimana peneliti meawancari para informan dengan cara menghubungi mereka via telepon genggam atau HP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya para pemegang gelar juar pertama pustakawan sekolah berprestasi tingkat provinsi masih tetap berkomitmen mengembangkan perpustakaan sekolah mereka. Bahkan 5 dari 8 pustakawan telah melakukan inovasi-inovasi baru demi meningkatkan budaya baca para siswa di sekolah-sekolah tempat mereka mngabdikan diri selama ini. Sementar itu karir para juara tenaga perpustakaan provinsi Aceh semakin baik pasca mereka dinobatkan menjadi juara, seperti selalu dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan kepustakawanan baik lokal maupun nasional bahkan ada yang mendapatkan promosi menjadi kepala sekolah.

Keywords


inovasi;Tenaga Perpustakaan Berprestasi;Provinsi Aceh

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v4i2.4762
Abstract views : 92 times
PDF : 101 times

References


Allrise, Molee. (2016). Teori Reward. http://www.academia.edu/10385700/TEORI_REWARD.

Akses pada 25 Juli 2016.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. hlm. 472.

Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Aceh. (2022). Petunjuk Teknis Pemilihan Tenaga Perpustakaan Sekolah SMA/SMK Berprestasi Tahun 2022. Banda Aceh, Disdik Aceh.

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Kependidikan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019).

Pedoman Pemilihan kepala tenaga administrasi, Tenaga perpustakaan, dan Tenaga laboratorium/bengkel sekolah Berprestasi tahun 2019, Jakarta: Kemendikbud.

Fredrick Ejikeme Okeke. (2020). “Reward Management and Employee Performance In Selected Manufacturing Firms In Enugu State”. Internasional Journal of Management and Enterpreneurship, Vol. 2, No. 1, 2020.

Hadari Nawawi.(2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hasibuan. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

John Echols dan Hasan Shadily. (2008). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Michael T. Matteson,(2006). Perilaku dan Manajemen Organisasi ,Jakarta: Erlangga. Dikutip oleh Sifia Febrianti dalam artikelnya “Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Kerja serta Dampaknya terhadap Kinerja “.

Mulyadi, John & Setyawan. (2001). Sistem Perencanaan Pengendalian Management Ed. 2. Jakarta: Salemba.

Ngalim Purwanto, M. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyo-Basuki. (1994). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Veithzal Rivai. (2005). Performance Apprasial : sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171